in

PSIS vs Persija: Mahesa Jenar Tutup Paruh Musim dengan Kemenangan

Gol-gol Lucas Gama dan Carlos Fortes hanya sanggup dibalas oleh Ryo Matsumura.

Pemain PSIS Semarang merayakan gol Lucas Gama ke gawang Persija Jakarta (foto: Instagram PSIS Semarang)

SEMARANG (jatengtoday.com) – PSIS Semarang menutup paruh musim kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 dengan kemenangan atas Persija Jakarta. Gol-gol Lucas Gama dan Carlos Fortes hanya sanggup dibalas oleh Ryo Matsumura sekaligus menjaga Mahesa Jenar bersaing di papan atas.

Memainkan pekan ke-17 di Stadion Jatidiri Semarang, Minggu (29/10/2023) malam, PSIS bermain agresif dan membuat Persija kesulitan mengembangkan permainan. Pertandingan baru berjalan 16 menit, tuan rumah sudah menjebol gawang Macan Kemayoran lewat sepakan bebas Lucas Gama.

Empat menit kemudian, Vitinho kembali menggetarkan gawang Persija yang dikawal Andritany Ardhiyasa. Namun wasit menganulir gol tersebut karena Vitinho dianggap sudah terperangkap offside.

Mahesa Jenar akhirnya berhasil menggandakan keunggulan di menit ke-26. Taisei Marukawa mampu memanfaatkan buruknya koordinasi lini pertahanan Persija dan mengirimkan umpan ke mulut gawang yang langsung dicocor Carlos Fortes.

Saat pertandingan seolah bakal dengan mudah dimenangkan PSIS, tim tamu justru bisa mencuri gol di menit ke-32. Maciej Gajos melepaskan umpan terukur dan diteruskan oleh Ryo Matsumura untuk menaklukkan penjaga gawang Adi Satryo.

Persija terus memberikan tekanan selepas turun minum. Sejumlah pergantian pemain yang dilakukan pelatih Thomas Doll cukup sukses mengubah permainan Macan Kemayoran. Hingga 15 menit babak kedua mereka berhasil menguasai permainan.

Tuan rumah baru bisa keluar dari tekanan memasuki menit ke-60. Anak asuh Gilbert Agius mendapat empat peluang beruntun, dua di antaranya lewat sundulan Carlos Fortes.

Vitinho juga mencoba peruntungan di menit ke-63. Namun sepakan pemain bernomor 7 itu bisa diblok Muhammad Ferarri dan melambung di atas mistar.

Kedua tim silih berganti melancarkan serangan namun tidak ada lagi gol tercipta hingga akhir pertandingan. PSIS berhasil mempertahankan keunggulan 2-1 dan untuk sementara naik ke peringkat keempat dengan poin 30 menggusur RANS Nusantara.

Susunan Pemain

PSIS Semarang: Adi Satryo–Fredyan Wahyu Sugiantoro, Wahyu Prasetyo, Lucas Gama, Giovani Numberi; Alfeandra Dewangga, Boubacary Diarra; Paulo Gali Freitas/Delfin Rumbino (86′), Taisei Marukawa/Riyan Ardiansyah (86′), Vitinho/Septian David Maulana (72′); Carlos Fortes/Gian Zola (75′)
Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa–Muhammad Ferarri, Maman Abdurahman/Dony Tri Pamungkas (46′), Akbar Arjunsyah/Hansamu Yama (70′); Oliver Bias, Syahrian Abimanyu,¬†Maciej Gajos/Rayhan Hannan (69′), Firza Andika; Riko Simanjuntak/Witan Sulaeman (46′), Marko Simic/Aji Kusuma (70′), Ryo Matsumura
(*)