in

Pemilu Susulan di Demak, Pj Gubernur Jateng Sebut Partisipasi Pemilih Tinggi

DEMAK (jatengtoday.com) – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengecek langsung penyelenggaraan pemilu  susulan di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Sabtu (24/2/2024).

Nana Sudajana mengunjungi 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ditempatkan di  MTs Nahdlotussibyan, Wonoketingal dan empat TPS di Madrasah Diniyah Wonoketingal daerah setempat.

Meskipun hujan sempat mengguyur di daerah tersebut, namun tidak mengurangi antusiasme pemilih dalam mengggunakan hak pilihnya.  Nampak para pemilih berbondong-bondong menuju TPS untuk menyalurkan hak pilih.

Nana mengatakan, berdasarkan pantauannya hingga pukul 11.43 WIB, partisipasi pemilih di  lokasi pemilu susulan di Demak  sudah sekitar 65% hingga 70%.

“Beberapa TPS yang kami cek bersama-sama dengan Forkopimda,  menunjukkan bahwa masyarakat semangat, sabar, dan tabah.  Mereka menggunakan haknya selaku anak bangsa, selaku warga negara yang baik,” tuturnya.

Nana menyampaikan, penyelenggaraan pemilu susulan di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak sudah dijalankan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Penyelenggaraaanya dilaksanakankan pada H+10 setelah pelaksanaan pemilu pada 14 Februari 2024 lalu.

Pemilu susulan tersebut diselenggarakan mengingat pada 14 Februari 2024 lalu dilanda banjir akibat tanggul jebol.

Dalam kesempatan itu, Nana menyampaikan terima kasih kepada KPU, Bawaslu, jajaran Forkopimda Kabupaten Demak maupun provinsi yang telah bekerja maksimal untuk menyelenggarakan pemilu susulan tepat waktu. Pemilu susulan dilaksanakan di 10 desa, dipusatkan di 68 titik TPS dengan jumlah pemilih 27.669 orang.

Sementara itu, Salah seorang anggota  KPPS di TPS yang berada MTS Nahdlotussibyan Nahdlotussibyan, Khasan Nadhif mengatakan, partisipasi masyarakat di tempatnya tergolong tinggi, meskipun masyarakat masih dalam tahap pemulihan pasca mengalami banjir.

“Melihat antusias warga di luar ekspektasi kami, mengingat masih banyak warga yang traumatik dengan kejadian banjir kemarin, dan masih tahap pemulihan pasca banjir,” tuturnya.

Dikatakan dia, upaya untuk menggenjot partisipasi pemilih sudah dilakukan. Pihaknya berkolaborasi dengan Pemdes Wonoketingal melakukan sosialisasi kepada para calon pemilih. (*)

Ajie MH.