in

Pelantikan DPD KNPI Jateng, Gaspol Kemandirian Ekonomi Anak Muda

Kepada para pengurus yang dilantik, Casytha meminta untuk bekerja sungguh-sungguh dan mampu menunjukan kontribusi kepada Jateng.

SEMARANG (jatengtoday.com) – Jajaran pengurus Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) resmi dikukuhkan dalam pelantikan pada Kamis (17/11/2022) di UTC Convention Hotel Semarang.

Perwakilan dari 35 DPC turut mengahadiri pelantikan DPD KNPI Jateng yang juga dihadiri DPP KNPI dan jajaran Forkompinda Jateng dan Kota Semarang.

Ketua DPD KNPI Jateng periode 2022-2025 yang terpilih dalam Musda ke 15 di Solo, Casytha Arriwi Kathmandu menegaskan kehadiran semua perwakilan DPC bukti kesolidan KNPI Jateng.

“35 DPC berkumpul disini artinya solid, ada satu dalam barisan dalam tagline bersama, berkarya, berdaya,” katanya.

Kepada para pengurus yang dilantik, Casytha meminta untuk bekerja sungguh-sungguh dan mampu menunjukan kontribusi kepada Jateng.

Casytha menuturkan, usia dilantik para jajaran pengurus KNPI Jateng akan langsung bergerak dengan program kerja fokus pada kemandirian ekonomi anak muda.

“Kita fokus pada bidang ekonomi jadi sesuai program dari DPP, bahwa anak muda harus berdiri di kaki sendiri,” katanya.

Karenanya, UMKM yang dikelola oleh para anak muda akan dalam radar jangkauan KNPI Jateng untuk mentas secara mandiri.

“Salah satu program di putuskan saat Rakerda pendampingan UMK dan anak muda,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP KNPI Ryano Pandjaitan mengapresiasi gerak cepat DPD KNPI Jateng dalam pelantikan pengurus DPD.

Program kerja juga untuk segera dilakukan percepatan dengan dilantiknya pengurus.

“Ini era eksekusi, betul-betul mengharapkan DPD DPD membuat program konkret yang mendatangkan kesejahteraan baik stakeholder KNPI dan masyarakat,” katanya.

Sesuai program di nasional, KNPI Jateng untuk bisa menggalakkan sektor UMKM. Sebab selama ini mampu menopang 96 persen perekonomian dan tenaga kerja.

“Jadi kekuatan aktivisme baik dari sisi intelektualitas dan jaringan dikombinasi dengan kekuatan enterpreneurship. Kemandirian secara ekonomi ini yang betul-betul kita gaungkan di nasional dari Sabang sampai Merauke dan di daerah daerah sudah banyak yang jalan,” katanya.

Selain itu, Ia berharap kepada KNPI Jateng untuk tetap solid dan utuh dengan aneka warna dan komposisi yang berbeda.

Ryano menyebut ada 191 organisasi yang terhimpun di KNPI baik dari sisi agama dan nasionalis. Untuk dijadikan satu modal kekuatan bersama dalam membangun negara.

“Pemuda pemilik saham terbesar di negara kita. Maka pemuda identik dengan percepatan, maka harus mau dan solid. Satu kekuatan yang utuh,” katanya.

Disinggung terkait sikap politik KNPI dalam pesta demokrasi, Ryano menegaskan semau gerbong pemuda di KNPI akan mengawal proses demokrasi.

Pihaknya juga menyadari bahwa KNPI dengan struktur keanggotaan salah satunya adalah wadah berhimpun semua lintas partai.

“Aturan organisasi jelas, pemuda akan mengawal proses demokrasi. KNPI adalah wadah berhimpun, termasuk semua lintas partai semuanya itu ada di sini,” katanya.

“Yang penting pesta demokrasi ini tidak dicederai dengan permainan yang tidak baik tidak beretika. Jadi ini politik etik,” tandasnya. (*)

Ajie MH.