in

Ngobrol Soal Pandemi dengan Gus Yasin, Dubes Afganistan Justru Lirik Kerjasama Industri

SEMARANG (jatengtoday.com) – Dubes Afganistan untuk Indonesia, Faizullah Zaki menemui Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen atau akrab disapa Gus Yasin, Kamis (8/4/2021).

Dalam pertemuan di ruang kerja Wagub Jateng tersebut, Faizullah Zaki dan Gus Yasin membicarakan mengenai pandemi Covid-19. Dubes Afganistan tertarik dengan penanganan dan pencegahan Covid-19 di Jateng. Kemudian, melihat potensi yang ada untuk bisa dikerjasamakan lebih lanjut.

“Awalnya beliau melihat penanganan dan pencegahan Covid-19 di Jawa Tengah kok baik. Kemudian ingin melihat langsung potensi apa yang bisa dibawa ke Afganistan,” ucap Gus Yasin.

Baca juga: Tengok Korban Longsor Gunungpati Semarang, Ini yang Dilakukan Istri Gus Yasin

Kemudian, lanjutnya, Afganistan tertarik dengan produksi kaca, tekstil, dan teh, yang hingga saat ini belum bisa diproduksi oleh Afganistan.

“Iya, di sana tidak produksi kaca, tekstil dan teh. Sehingga beliau tertarik untuk mengambilnya dari sini,” paparnya.

Selain itu, mereka juga ingin menjalin kerja sama di bidang ekonomi, budaya, dan pendidikan. Sehingga terjalin hubungan yang lebih baik.

“Tadi menyampaikan permasalahan-permasalahan di sana. Negara Afganistan punya potensi juga, seperti buah-buahan, sayur-mayur dan rempah-rempah. Kita juga ingin membuka investasi di sana,” imbuhnya.

Baca juga: Kelangkaan Kontainer Bikin Ekspor Indonesia Terhambat

Sementara, Duta Besar Afganistan untuk Indonesia, Faizullah Zaki menuturkan, pihaknya sudah melakukan rapat terbatas dengan Kementerian Perdagangan dan Kementrian Keuangan RI terkait bisnis dan investasi.

“Kami punya potensi yang besar, begitu juga dengan Jawa Tengah. Tapi Afganistan belum menjalin kerja sama dengan Jawa Tengah,” ungkapnya.

Pihaknya tertarik dengan potensi-potensi yang ada di Jateng. Dan berjanji akan menyampaikan hasil kunjungannya kali ini kepada para investor di negaranya

“Kami sangat senang dan akan kami sampaikan potensi Jawa Tengah untuk investor Afganistan,” tandasnya. (*)

 

editor: ricky fitriyanto

Ajie MH.