in

Mencicipi Hyundai Creta, SUV Sporty Penuh Fitur Teknologi

Untuk keamanan, Hyundai Creta dilengkapi beberapa fitur yang membuat penggunanya tenang jika menghadapi kemacetan, berhenti di tanjakan, dan jalur-jalur yang sulit.

Hyundai Creta. (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Setelah sukses dengan Stargazer, Hyundai kembali mengenalkan produk barunya, Creta. Meski beda segmen, SUV ini tetap dibekali aneka fitur-fitur sarat teknologi.

Tidak hanya nyaman, Hyundai Creta yang dilengkapi teknologi terkini memudahkan pengguna dalam mengendarainya. Fitur-fitur yang melekat pada Hyundai Creta ini terbilang sangat lengkap dan bisa menjawab kebutuhan orang yang mendambakan mobil sporty yang dinamis dan futuristik.

Kenyamanan Hyundai Creta begitu dirasakan saat mencoba menjelajahi jalanan protokol dan pinggiran Kota Semarang. Menghadapi lalu lintas padat yang cenderung tersendat pun, pengguna tidak merasa lelah.

Begitu juga saat menghadapi jalan dengan tanjakan dan turunan dan berkelok pun, tetap terasa enjoy dalam berakselerasi menginjak gas. Sehingga mobil ini tidak hanya dipakai di jalanan protokol kota, tetapi di jalur-jalur yang penuh tanjakan dan turunan pun juga tetap oke.

Kenikmatian mengemudi Hyundai Creta juga dirasakan saat melibas tanjakan sepanjang jalur Mijen menuju Gunungpati, hingga menembus tanjakan dan turunan di sekitar Unnes hingga Bendanduwur Gajahmungkur.

Desain interior atau pun eksterior Hyundai Creta pun tidak perlu ditanyakan lagi. Sehingga Hyundai Creta pun mampu menarik perhatian dengan karakteristik SUV yang berani, dinamis, dan futuristik.

Hyundai Creta juga menjadi mobil pertama yang dipasarkan di Indonesia dengan teknologi inovatif terbaru, Hyundai Bluelink, yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan mobil Creta mereka melalui smartphone.

Untuk keamanan, Hyundai Creta dilengkapi beberapa fitur yang membuat penggunanya tenang jika menghadapi kemacetan, berhenti di tanjakan, dan jalur-jalur yang sulit. Pasalnya Creta dilengkapi fitur Forward Collision Avoidance Assist (FCA), di mana mobil dapat membaca kondisi jalan di depan melalui kamera. Fitur FCA secara otomatis akan melakukan pengereman ketika mendeteksi mobil di depan yang mengerem mendadak.

Selain itu ada Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), menggunakan dua sensor radar di bumper belakang, fitur ini memperingatkan tentang lalu lintas di area blind-spot. Fitur ini juga akan membantu melakukan pengereman apabila terdeteksi risiko benturan atau tabrakan dengan objek atau kendaraan lain yang datang dari arah belakang.

Ada lagi fitur Lane Keeping dan Lane Following Assist (LKA & LFA) yang akan membantu agar mobil tetap berada di dalam marka jalan melalui informasi secara visual dan audio serta dukungan koreksi pada kemudi.

Fitur ini benar-benar dirasakan saat kendaraan melaju melintasi marka tengah jalan, akan muncul notifikasi pembeeritahuan, jika kendaraan kita melewati marka. Termasuk saat kendaraan melewati garis marka pembatas di kanan kiri jalur jalan.

Selanjutnya, Driver Attention Warning (DAW) sebuah fitur yang dapat mendeteksi pengendara yang kelelahan dan memberikan peringatan kepada pengemudi untuk memperhatikan jalan atau menyarankan untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Driver Rear View Monitor (DRVM)  sebuah fitur yang akan melindungi mobil dalam kondisi mundur saat parkir lewat dukungan kamera yang ditempatkan di sisi belakang mobil.

Fitur ini akan memudahkan kita saat akan memarkirkan kendaraan atau pun saat mundur, yang ditampilkan dalam Full TFT LCD Meter Cluster 10,25 inci.

Jangan lupa dalam Hyundai Creta, juga ada fitur Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA). Fitur ini akan aktif saat sedang memundurkan mobil saat parkir, sensor akan mendeteksi kendaraan yang mendekat dari kiri atau kanan belakang, memberikan peringatan audio. Fitur ini akan mencegah kendaraan Hyundai Creta yang kita kendarai menabrak belakang atau kanan kiri saat mundur.

Fitur berikutnya berupa Safe Exit Warning (SEW), fitur yang dapat memberikan peringatan untuk menghindari tabrakan atau kecelakaan dengan kendaraan yang sedang melaju dari arah belakang di saat penumpang di baris kedua sedang keluar dari mobil.

SEW ini akan terasa saat kita berkendara di jalur ramai dan padat. Setiap ada kendaraan yang ‘berpotensi’ terlalu dekat dengan Hyundai Creta yang kita kendarai, akan muncul pemberitahuan di bagian kaca spion luar, berupa tanda seru untuk berhati-hati, sehingga kewaspadaan kita akan meningkat.

High Beam Assist (HBA), fitur yang secara otomatis meredupkan lampu sorot mobil saat mendeteksi ada kendaraan yang datang dari arah berlawanan, dan akan diaktifkan kembali setelah selesai berpapasan.

Tidak hanya itu, Hyundai Creta juga dilengkapi fitur keamanan lainnya yang akan bekerja secara signifikan dalam membantu pemiliknya untuk berkendara lebih aman, seperti Rear Occupant Alert (ROA). Fitur ini akan memberikan informasi visual sebagai peringatan kepada pengemudi apabila meninggalkan mobil dalam keadaan masih ada penumpang di kursi belakang.

Selanjutnya, Hill-start Assist Control (HAC), fitur yang akan menghindari kemunduran atau rollback yang tidak disengaja saat mobil mulai dikendarai setelah berhenti di jalur tanjakan.

Emergency Stop Signal (ESS),  fitur yang secara otomatis akan menyalakan lampu hazard saat sedang melakukan pengereman mendadak.

Serta fitur Vehicle Stability Management (VSM), merupakan sebuah fungsi dari sistem Electronic Stability Control (ESC).

Sistem ini membantu kendaraan tetap pada posisi stabil saat tengah berakselerasi atau melakukan pengereman mendadak di jalanan yang basah, licin, dan kasar, dimana traksi keempat roda mobil di kondisi jalanan tersebut bisa tiba-tiba tidak merata.

Saat menjelajahi jalanan di Kota Semarang, redaksi pojoksemarang.com sering melihat pengemudi lainnya yang mengendarai Hyundai Creta. Dengan kenyamanan dan karakteristik yang melekat, tampaknya akan semakin banyak masyarakat di Kota Semarang akan menikmati mobil idaman orang-orang yang berjiwa muda ini. (*)

Ajie MH.