in

Membanggakan! UMKM Binaan Bank Jateng Jadi Official Merchandise KTT Ke-42 ASEAN

Sebelumnya produk merchandise tersebut juga telah dipercaya Kemensetneg untuk diberikan kepada peserta KTT G20 di Bali Tahun 2022.

JEPARA (jatengtoday.com) – Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN (ASEAN Summit) yang dilaksanakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), tanggal 9-14 Mei 2023 menjadi event internasional yang membanggakan bagi Bank Jateng.

Salah satu nasabah usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) binaan Bank Jateng Capem Pasar Kota Jepara dipercaya Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menjadi salah satu official merchandise resmi perhelatan para pemimpin negara di kawasan Asia Tenggara tersebut.

Nasabah UMKM tersebut adalah pemilik usaha brand ‘SAE WOODEN’, Danang Wahyudi. Danang memproduksi beraneka ragam souvenir/ merchandise dari olahan kayu jati. Sedangkan produk merchandise yang disediakan pada event tersebut berupa produk tumbler.

Sebelumnya produk merchandise tersebut juga telah dipercaya Kemensetneg untuk diberikan kepada peserta KTT G20 di Bali Tahun 2022.

“Alhamdulillah kami dipercaya kembali oleh Kemensetneg menjadi official merchandise berupa tumbler yang menjadi salah satu merchandise resmi untuk kepala negara, delegasi peserta dan awak media KTT ke-42 ASEAN di Labuhan Bajo sebanyak 800 piece,” papar Danang Wahyudi.

Danang mengungkapkan, tahapan pemilihan merchandise resmi tersebut sudah berjalan kurang lebih setahun sebelumnya.

Pada Februari 2023, setelah beberapa kali pertemuan dan diskusi dengan perwakilan dari Kemensetneg, produknya terpilih menjadi salah satu merchandise resmi KTT Ke-42 ASEAN.

Dalam proses produksinya, lanjut Danang, pihaknya melibatkan beberapa UMKM dan pemberdayaan masyarakat yang terkena imbas PHK di wilayah Jawa Tengah.

Lapis tumbler dilakukan oleh pekerja di workshop “SAE WOODEN“ Jepara dari bahan kayu jati. Pouch atau kantung tumbler terbuat dari tenun troso Jepara yang dilakukan eks karyawan konveksi di Ungaran, Jateng, yang terkena PHK. Sedangkan leather strap diambil dari UMKM di Solo.

Pada pertengahan April 2023, produk tersebut sudah siap kirim namun ada kendala waktu pengiriman karena ada jeda libur panjang Lebaran 2023. Jika menggunakan jasa pengiriman barang, paling cepat produk-produk tersebut baru akan sampai di lokasi sekitar 8 Mei 2023. Padahal timeline dari Kemensetneg, produk merchandise harus sudah sampai dan serah terima maksimal pada tanggal 3 Mei 2023.

“Terpaksa saya mengirim sendiri. Alhamdulillah sampai di Labuhan Bajo tepat waktu pada tanggal 3 Mei 2023 dan langsung serah terima barang dengan petugas Kemensetneg,” ujar Danang.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan Bank Jateng Capem Pasar Kota Jepara atas support dan dukungannya dengan memberikan fasilitas KUR untuk pengadaan mesin produksi. Produk-produk yang berhasil terpilih sebagai merchandise resmi KTT Ke-42 ASEAN tersebut adalah hasil yang diproses dengan mesin tersebut.” Imbuhnya.

Pemimpin Bank Jateng Capem Pasar Kota Jepara, Heru Setyawan mengaku ikut bangga bahwa fasilitas kredit yang diberikan benar-benar bermanfaat dan berimbas langsung kepada ouput produk yang diharapkan.

“Selamat dan sukses untuk Mas Danang. Semoga usahanya semakin maju dan berkembang serta produk-produknya semakin dikenal dan dibutuhkan oleh masyarakat luas,” kata Heru.

“Fasilitas kredit yang diberikan diharapkan memang benar-benar berguna dan bermanfaat bagi nasabah, terutama untuk pengembangan usahanya. Tidak menutup kemungkinan UMKM yang lain yang memiliki potensi dan berkemauan untuk berkembang, Bank Jateng siap untuk mendukung bagi pengembangan usahanya,” pungkas Heru. (*)

Ajie MH.