in

Market Share Tembus 31 Persen, Nasmoco Kuasai Pasar Otomotif Jateng dan DIY Sepanjang 2023

SEMARANG (jatengtoday.com) – Nasmoco Group sebagai diler resmi mobil Toyota melalui 24 jaringan diler di wilayah Jateng dan DIY kembali menguasai pasar otomotif di tahun 2023. Capaian itu meneruskan tradisi di tahun-tahun sebelumnya, dimana Toyota selalu menjadi pilihan mayoritas pecinta otomotif.

Catatan positif tersebut diraih Nasmoco di tengah peralihan teknologi mobil BBM ke kendaraan berbasis listrik seperti saat ini, sekaligus bentuk komitmen Nasmoco untuk terus bertransformasi mengikuti tren dan perkembangan pasar otomotif.

Hal itu terbukti dalam laporan perusahaan yang baru saja dirilis awal Januari 2024. Dalam laporan tersebut, selama 2023 market share Toyota di Jateng dan DIY meningkat signifikan menjadi 31% atau naik 1,4% dibandingkan market share tahun 2022 sebesar 29,6%.

Total penjualan mobil baru Toyota hingga akhir Desember 2023 mencapai 20.712 unit atau meningkat 15,5% dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 17.935 unit. Sementara lima kontributor terbesar penjualan Toyota di Jawa Tengah dan DIY didominasi mobil 7-seater atau MPV (Multi Purpose Vehicle) dengan urutan sebagai berikut:

1. Avanza : 4.708 unit (22,5%)

2. Calya : 3.239 unit (15,5%)

3. Innova Zenix : 3.009 unit (14,4%)

4. Agya : 1.962 unit (9,4%)

5. Innova Reborn : 1.486 unit (7,1%)

Innova Zenix dan Reborn Mulai Diminati

Nasmoco juga mencatat pertumbuhan penjualan Innova Zenix sebagai salah satu produk terbaru Toyota, dari target penjualan 2.964 unit, berhasil terjual 3.009 atau tumbuh 1,5% selama tahun 2023. Sementara Innova Reborn juga mengalami angka penjualan yang cukup signifikan, dari target 1.270 unit sukses terjual 1.486 atau tumbuh 14%.

Permintaan pelanggan akan MPV 7-seater Innova baik Zenix maupun Reborn mengalami peningkatan pada semester-2 tahun 2023. Di sisi lain Nasmoco juga mampu memenuhi permintaan tersebut didukung suplai dari TAM pada bulan Oktober hingga Desember 2023.

“Nasmoco mengucapkan terima kasih atas loyalitas pelanggan yang telah menggunakan produk dan layanan Toyota sebagai solusi kebutuhan otomotif. Produk dan layanan yang beragam serta didukung 24 jaringan diler dan bengkel yang lengkap dan terbesar di Jawa Tengah dan DIY menjadi salah satu kekuatan Nasmoco hadir semakin dekat melayani kebutuhan otomotif dengan semangat Mudah Lengkap Nyaman,” jelas President Director Nasmoco Group, Benny Redjo Setyono, Rabu (10/1/2024).

Sementara di bisnis Aftersales atau layanan bengkel (General Repair dan Body Paint Repair), Nasmoco juga berhasil meningkatkan jumlah unit masuk sebesar 5% selama tahun 2023 dengan peningkatan revenue sebesar 5% dibandingkan tahun sebelumnya.

Tagline Nasmoco “Mudah, Lengkap, Nyaman” menjadi komitmen dalam melayani pelanggan, tidak hanya untuk penjualan mobil baru, namun juga layanan bengkel atau aftersales. Dalam layanan bengkel, Nasmoco mengupayakan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, memudahkan pelanggan dalam layanan perawatan dan perbaikan mobil melalui 24 jaringan bengkel.

Layanan bengkel yang ditawarkan Nasmoco kepada pelanggan yakni dengan memberikan pengalaman terbaik, salah satunya Toyota Mobile Service (TMS) yang dapat dimanfaatkan pengguna Toyota di saat terdapat kebutuhan untuk delivery, pick up, dan melakukan service on site tentunya dengan kriteria tertentu, dengan tetap mengutamakan safety dan kenyamanan pelanggan.

Layanan unggulan bengkel lainnya yaitu Nasmoco Emergency Assistance (NEA) berupa layanan emergency 24 jam yang sewaktu-waktu dapat dihubungi oleh pelanggan apabila pelanggan dalam keadaan darurat yang membutuhkan layanan bengkel. Pelanggan no worry kapanpun, dimanapun pelanggan berada di area Jawa Tengah dan Yogyakarta, bengkel Nasmoco siap melayani.

Khusus pelanggan baru Toyota, Nasmoco juga memberikan kemudahan paket servis berupa fasilitas gratis perawatan berkala berupa jasa dan spare part selama 3 tahun. Nasmoco juga memberikan perawatan berkala untuk Body Repair & Paint Repair mobil selama 2 tahun.

Torehan positif dari sisi Sales maupun Aftersales ini tidak lepas dari produk baru yang meluncur di tahun 2023, didukung penawaran atau promosi menarik seperti undian berhadiah, serta layanan prima untuk jasa servis mobil di bengkel Nasmoco.

Mobil Hybrid Toyota

Di masa peralihan kendaraan berbasis BBM ke mobil listrik, Nasmoco juga berperan aktif melalui sejumlah produk barunya dengan strategi untuk fokus dalam memasarkan mobil berteknologi HEV (Hybrid Electric Vehicle).

Hasilnya terlihat mengesankan, di mana saat ini dua produk kendaraan hybrid yang diluncurkan di akhir tahun 2022 dan pertengahan 2023 kini menguasai pasar kendaraan elektrifikasi. Kedua produk tersebut adalah Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV.

Di lain sisi, dengan semangat “Total Mobility Solution”, sekaligus mendukung pengembangan mobil listrik, Nasmoco menghadirkan ekosistem yang memberikan kemudahan pelanggan dengan menyediakan fasilitas charging atau SPKL (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik) untuk mobil listrik jenis BEV (Battery Electric Vehicle) di beberapa lokasi strategis di wilayah Jateng dan DIY. Nasmoco menyikapi masa peralihan ini dengan cara perlahan namun pasti.

Saat ini Nasmoco telah memiliki 5 fasilitas SPKL dengan spesifikasi 3 SPKL Medium Fast Charger AC 22 kW 3 phase 380V-32A Max yang ada di Nasmoco Siliwangi, Nasmoco Tegal dan Nasmoco Pemuda. Ditambah 2 SPKL Ultra Fast Charger 120 kW di Nasmoco Bantul dan Nasmoco Majapahit Semarang. Secara bertahap, Nasmoco juga akan menyediakan fasilitas SPKL di semua cabang Nasmoco di Jateng dan DIY.

Kehadiran SPKL tersebut semakin melengkapi charging spot yang dihadirkan oleh TAM di area publik dan rest area tol Trans Jawa demi meningkatkan kenyamanan pelanggan sekaligus meningkatkan daya jelajah xEV Toyota.

Sejumlah strategi dan upaya yang telah dilakukan di semua lini tersebut dengan berorientasi pada kepuasan pelanggan, membuat kinerja keuangan Nasmoco juga tumbuh positif selama tahun 2023.

“Secara keuangan, perusahaan kami juga berhasil membukukan hasil yang baik dengan peningkatan revenue sebesar 18,5%, dan peningkatan operating profit sebesar 16,9% dibandingkan tahun sebelumnya,” jelas President Director Nasmoco Group Benny Redjo Setyono.

Di tahun 2024, Beny tetap optimis kinerja Nasmoco sebagai penguasa pasar mobil di Jateng dan DIY akan terus bertumbuh meski ada beberapa tantangan. Risiko ketidakpastian ekonomi global akibat konflik di beberapa negara hingga kondisi politik nasional yang memasuki masa Pemilu memang menjadi tantangan. Meski demikian, Benny juga melihat beberapa peluang di tahun 2024 terutama untuk pertumbuhan pasar otomotif di Jawa Tengah.

“Semakin membaiknya konektivitas dengan telah tersambungnya jalan tol di Jateng dan DIY, munculnya kawasan industri baru yang sedang tumbuh dan berkembang seperti di Batang, dan Kendal, hingga relokasi industri manufaktur dan call center ke Jawa Tengah dan DIY, menjadi peluang kami untuk terus tumbuh di 2024,” tandasnya. (*)

Ajie MH.