in

LavAni Belum Terbendung di Final Four Proliga 2023

Kemenangan atas Samator membuat LavAni semakin nyaman di puncak klasemen sementara.

Jakarta LavAni Allo Bank mengalahkan Surabaya BIN Samator pada laga pertama putaran kedua final four PLN Mobile Proliga di GOR Jatidiri Semarang, Minggu (5/3/2023). (foto: istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Juara bertahan Jakarta LavAni Allo Bank belum terbendung di final four PLN Mobile Proliga 2023. Dio Zulfikri dkk membuka putaran kedua di GOR Jatidiri Semarang, Minggu (5/3/2023) dengan kemenangan telak atas Surabaya BIN Samator 3-0 (25-19, 25-22 dan 28-26).

LavAni belum terkalahkan dalam empat penampilan di final four. Tim milik Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini menjadi juara putaran pertama final four usai menundukkan Jakarta STIN BIN dengan skor 3-1 pada Jumat (3/3).

Meski meraih kemenangan dengan skor 3-0 atas Surabaya BIN Samator, asisten pelatih LavAni, Samsul Jais mengakui timnya menjalani pertandingan dengan start lambat.

“Kami akui di pertandingan ini anak-anak slow starter. Kami kurang agresif, meski blok bagus tapi received jelek,” kata Samsul Jais usai pertandingan.

Menurutnya, sejumlah kekurangan tersebut menjadi bahan evaluasi untuk menatap dua pertandingan di Solo pekan depan. Pada dua laga terakhir, LavAni akan bertemu Jakarta STIN BIN dan Jakarta Bhayangkara Presisi.

“Ada perbaikan yang harus kami lakukan sebelum melakoni dua pertandingan di Solo, terutama servis dan received karena itu bisa menjadi kunci untuk memenangkan pertandingan,” ujar Samsul Jais.

Kemenangan atas Samator membuat LavAni semakin nyaman di puncak klasemen sementara. Sang juara bertahan memimpin dengan poin 11, jauh di atas runner-up Bhayangkara Presisi yang mengemas 8 poin.

Sementara bagi Samator, kekalahan tersebut menutup peluang untuk melaju ke grand final. Mereka belum pernah menang dalam empat pertandingan di final four. (*)

Tri Wuryono