in

Kontak Erat dengan Pengidap Covid-19 Varian Baru, 8 Warga Brebes Dipantau Ketat

SEMARANG (jatengtoday.com) – Dari tracing yang dilakukan terhadap dua warga Karawang Jabar yang positif Covid-19 varian baru yang dikenal dengan B117, ada 8 warga Brebes yang pernah melakukan kontak erat.

Mereka pernah kontak erat karena sama-sama berstatus TKI yang pulang ke Indonesia dari Arab Saudi. Kini, 8 orang yang pernah kontak erat tersebut sudah berada di kediaman mereka di Brebes.

Mereka sudah melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan pengawasan ketat. Mereka juga sudah diambil sampel darahnya dan pengujian dilakukan di Jakarta.

Baca juga: Tips Melindungi Diri dari Varian Baru Corona B117

“Semua sudah dites pagi tadi dan hasilnya dikirim langsung ke Jakarta sehingga nanti kita akan nunggu hasilnya beberapa hari lagi,” ucap Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Kamis (4/3/2021).

Sambil menunggu hasil tes, 8 warga tersebut terus diawasi dengan ketat. Meski begitu, Ganjar berharap mereka tidak diisolasi di rumah, melainkan di tempat isolasi yang terpusat.

“Syukur-syukur kalau mau, mereka nanti dipindahkan ke tempat isolasi yang terpusat, tadi saya juga sudah kontak dengan Sekda Brebes dan sudah diberikan laporan semuanya,” terangnya.

Baca juga: Varian Baru Corona Terdeteksi di RI, Pemerintah Perketat Perjalanan Internasional

Gubernur berambut putih ini menerangkan, dirinya langsung berkomunikasi dengan Sekda Brebes saat kabar ini muncul. Hal itu dilakukan agar Satgas Covid-19 Brebes mempercepat proses tracing dan memastikan mereka yang kontak erat langsung diisolasi.

“Untuk sementara kita karantina yang betul-betul mereka tidak berhubungan dengan orang lain sambil dipantau. Tapi nggak perlu ditakut-takuti, yang penting dipantau saja dibantu segala sesuatunya agar nyaman,” ujarnya.

Terlepas dari itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat tak hanya di Brebes tetap menjaga kedisiplinan protokol kesehatan. Sehingga, penularan dapat dicegah sembari percepatan proses vaksinasi pada lansia yang beresiko tinggi terpapar.

Baca juga: Inggris Siap Bantu Lacak Varian Baru Corona

“Masyarakat tetap jaga protokol kesehatan, dan mereka yang lansia ada kesempatan sekarang vaksinasi segera daftar agar bisa lebih cepet mereka mendapatkan vaksinasi sehingga setidaknya itu bisa memperkuat daya tahan tubuhnya,” paparnya.

Seperti diketahui, ada dua TKI asal Karawang pulang dari Arab Saudi dengan membawa Covid-19 varian baru dari Inggris atau dikenal dengan B117. (*)

 

editor: ricky fitriyanto

Ajie MH.