in

Kilang Balongan Terbakar, Pertamina Pastikan Stok BBM di Jateng-DIY Aman

SEMARANG (jatengtoday.com) – Kilang Petamina di Balongan, Kabupaten Indramayu, Jabar terbakar. Meski begitu, pasokan BBM dan LPG di area Jateng dan DIY dipastikan aman.

Hal tersebut dikatakan Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho, Rabu (31/3/2021).

“Kami sangat prihatin dengan yang terjadi di salah satu unit operasi kami yaitu Refinery Unit VI Balongan. Tapi pasokan BBM dan LPG di wilayah Jawa Tengah serta DIY kami pastikan aman dan tidak terdampak,” terangnya.

Baca juga: Pertamina Gunakan Air Laut Padamkan Api di Kilang Balongan

Dikatakan, sebagian besar pasokan BBM dan LPG di wilayah Jateng dan DIY disalurkan dari Refinery Unit (RU) IV Cilacap melalui 7 Integrated Fuel & LPG Terminal (Terminal BBM & LPG) dan Fuel Terminal (Terminal BBM).

Untuk di wilayah Jateng, berada di Fuel Terminal Boyolali, Maos, Lomanis, Tegal serta Integrated Fuel & LPG Terminal di Semarang dan Cilacap. Sedangkan untuk di wilayah DIY berada di Fuel Terminal Rewulu, Kabupaten Bantul.

“Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Ahmad Yani Semarang saat ini disuplai avtur dari konsolidasi Fuel Terminal Rewulu Bantul, DIY,” ujarnya.

Baca juga: Dua Titik Api di Kilang Minyak Balongan Sudah Padam

Dijelaskan, DPPU Adisutjipto Yogyakarta, DPPU Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo, DIY dan DPPU Adi Soemarmo Solo disuplai avturnya dari RU IV Cilacap.

Lebih lanjut, Brasto menjelaskan saat ini rata-rata ketahanan stok BBM di Fuel Terminal di Jawa Tengah dan DIY adalah 11 hari.

“Dengan ketahanan stok tersebut, maka stok aman sehingga konsumen tidak perlu khawatir,” bebernya. (*)

 

editor: ricky fitriyanto