in

Kemenag Masih Kaji Usulan Jatah Air Zamzam 10 Liter

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengaku akan berjuang agar tahun depan jemaah Indonesia bisa mendapatkan lebih dari 5 liter.

Ilustrasi. Petugas perusahaan kargo sedang menimbang barang jemaah yang akan dikirim ke Indonesia. (foto: dokumentasi kemenag)

MEKKAH (jatengtoday.com) – Kementerian Agama akan segera mengusulkan penambahan jatah air zamzam bagi jemaah haji menjadi 10 liter. Sebelumnya jemaah haji Indonesia hanya mendapatkan 5 liter air zamzam.

Kemenag menggelar rapat evaluasi menyeluruh pelaksanaan haji di Kantor Urusan Haji (KUH), Jeddah, Arab Saudi, Jumat (29/7/2022).

Dalam rapat evaluasi ini juga dibahas tentang jatah air zamzam bagi jemaah. Kementerian Agama akan segera mengusulkan penambahan jatah air zamzam bagi jemaah menjadi 10 liter.

“Kita pelajari dan kita siapkan tim. Nanti air zamzam bisa disimulasikan andaikan ditambah jadi 10 liter,” kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Hilman Latief dalam keterangan tertulis Kemenag, Sabtu (30/7/2022).

“Tapi problem utama proses distribusinya, kalau tambah 5 liter kali 100 ribu jemaah misalnya, kan banyak. Nanti biayanya bagaimana ini sedang kita kaji,” ujarnya.

Terkait zamzam, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengaku akan berjuang agar tahun depan jemaah Indonesia bisa mendapatkan lebih dari 5 liter.

“Kita akan perjuangkan. Saya sudah komunikasi dengan berbagai pihak. Dengan Pak Menteri Haji (Arab Saudi) juga saya sampaikan,” kata Gus Yaqut, Minggu (17/7/2022).

Hingga saat ini, setidaknya 50 persen jemaah haji asal Indonesia juga sudah meninggalkan Tanah Suci pulang ke Tanah Air. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.