in

Jumlah Penumpang di Bandara Adi Soemarmo Diprediksi Naik Dua Kali Lipat

Pada periode yang sama tahun lalu jumlah penumpang yang melakukan perjalanan melalui Bandara Adi Soemarmo sekitar 21.000 orang.

Suasana Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Jumat (24/12/2021). ANTARA/Aris Wasita

BOYOLALI (jatengtoday.com) – Bandara Adi Soemarmo Boyolali Jawa Tengah memprediksikan jumlah penumpang meningkat hingga 90 persen di akhir tahun menyusul membaiknya kondisi pandemi Covid-19 di dalam negeri.

“Periode akhir tahun ini saat masa Satgas Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 selama 19 hari,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Yani Ajat Hermawan, Jumat (24/12/2021).

Dia mengatakan, pada periode yang sama tahun lalu jumlah penumpang yang melakukan perjalanan melalui Bandara Adi Soemarmo sekitar 21.000 orang.

“Tahun ini kami prediksikan sekitar 42.000 penumpang yang melakukan perjalanan melalui bandara ini. Jadi ada peningkatan hampir 100 persen,” katanya.

Meski demikian, dikatakannya, untuk prediksi puncak arus mudik yang awalnya H-1 Natal justru tidak terjadi. Ia mengatakan puncak arus mudik terjadi pada akhir pekan lalu di mana jumlah penumpang per harinya di kisaran 2.500 orang.

“Kalau sekarang justru perlahan turun, kemarin ada 1.800 penumpang dan hari ini diperkirakan 1.600 penumpang,” katanya.

Ia mengatakan kondisi tersebut terjadi karena sebagian besar penumpang yang diperkirakan memilih waktu cuti lebih awal sebelum libur Natal.

Secara umum, kondisi penerbangan melalui Bandara Adi Soemarmo sudah lebih baik sejak awal bulan November 2021. Berdasarkan data, jika sebelumnya jumlah penumpang di bawah 2.000 orang/hari, sejak awal bulan November naik menjadi 2.100-2.200 penumpang/hari.

Sementara itu, dari sisi maskapai penerbangan yang melayani rute melalui Bandara Adi Soemarmo saat ini sebanyak 20 penerbangan berangkat dan datang. Maskapai tersebut di antaranya Lion Air, Wings Air, Garuda Indonesia, Nam Air, Batik Air, dan Citilink.

“Kebanyakan perjalanan rute Solo-Jakarta-Solo, beberapa rute lain yakni rute Pontianak yang dilayani oleh Nam Air dan Wings Air rute Bali,” katanya. (ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *