in

Jelang Lebaran, Pj Gubernur Jateng Sebut Harga Pangan Relatif Stabil

SURAKARTA (jatengtoday.com) – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengatakan,  harga pangan di sejumlah pasar tradisional di wilayahnya masih relatif stabil menjelang Lebaran 2024. Bahkan, sejumlah komoditas mengalami penurunan harga.

“Sampai H-7 Idulfitri ini, ada penurunan harga, memang tidak seberapa tetapi ini menunjukkan ada stabilitas harga pangan,” kata Nana Sudjana saat mengecek harga pangan di Pasar Legi, Kota Surakarta, Kamis (4/4/2024).

Hasil pantauan di Pasar Legi tersebut, sejumlah komoditas pangan seperti beras, bawang putih, bawang merah, cabai, secara umum ada penurunan harga. Penurunan dan stabilitas pangan ini dinilai positif, mengingat tren menjelang lebaran biasanya harga pangan melonjak.

“Upaya yang dilakukan pemerintah dalam menstabilkan harga dan menjaga ketersediaan stok pangan sudah cukup berhasil,” kata Nana.

Ia menegaskan, stok pangan di Jawa Tengah hingga pasca lebaran tercukupi. Cadangan pangan di Gudang Bulog Jateng sampai 31 Maret 2024 adalah 19.244,79 ton beras CBP, 344,53 ton beras komersial, 14,44 ton tepung terigu, 332.815 liter minyak goreng, dan lainnya.

Nana mengimbau kepada masyarakat agar berbelanja sesuai kebutuhan. Sebab ketersediaan pangan masih tercukupi.

Pemprov Jateng juga terus memantau ketersediaan dan harga pangan di pasar. Pantauan itu dilakukan secara bersama-sama melalui Dinas Perdagangan bekerja sama dengan TNI-Polri. “Kita juga akan cek di seluruh Jateng,” katanya.

Selain ke Pasar Legi, Nana Sudjana juga meninjau kesiapan jelang mudik di Rest Area 444b Tuntang, Tol fungsional Solo-Jogja, Stasiun Balapan, dan Terminal Tirtonadi. (*)

Ajie MH.