in

Jasa Tirta I Gandeng PT Kilang Pertamina International RU IV dan Pemkab Cilacap Lestarikan Sungai Donan

PJT I menyerahkan bantuan kepada Pemkab Cilacap berupa 50.000 batang bibit mangrove, 1.000 ekor bibit kepiting, dan 10 unit sumur resapan.

Pelepasan 1.000 ekor bibit kepiting di Kabupaten Cilacap. (istimewa)

CILACAP (jatengtoday.com) – Sebagai BUMN pengelola Sumber Daya Air, Perum Jasa Tirta I (PJT I) memberikan pelayanannya di lima Wilayah Sungai di Indonesia.

Salah satunya pengelolaan di Wilayah Sungai Serayu Bogowonto sejak tahun 2016. Kegiatan pengelolaan sumber daya air yang dilakukan diantaranya berupa konservasi dan pemberdayaan masyarakat.

Dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun 2022 ini, PJT I bekerjasama dengan Pemkab Cilacap dan PT Kilang Pertamina Internasional (PT. KPI) menggelar sosialisasi dan konservasi Pelestarian Sungai Donan di Kelurahan Kutawaru, Kabupaten Cilacap.

Turut hadir dalam acara tersebut, Direktur Utama PJT I, Kepala Biro Infrastruktur Sumber Daya Alam Provinsi Jawa Tengah, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacal, General Manager PT Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap serta perwakilan instansi terkait lainnya.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan kegiatan penyerahan bantuan secara simbolis dari PJT I kepada pemerintah Kabupaten Cilacap berupa 50.000 batang bibit mangrove, 1.000 ekor bibit kepiting, dan 10 unit sumur resapan serta pemberian sosialisasi kepada masyarakat di sekitar Sungai Donan mengenai strategi pengelolaan Lingkungan Hidup dan penerapannya.

Direktur Utama Perum Jasa Tirta I, Raymond Valiant Ruritan menyampaikan bahwa upaya konservasi muara Sungai Donan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2016. Pihaknya bersinergi dengan instansi melakukan kegiatan konservasi dan sosialisasi.

“Hingga tahun ini berarti Kami telah melakukan konservasi 300.000 bibit mangrove untuk menghijaukan muara Sungai Donan. Konservasi ini bertujuan untuk meminimalisir dampak abrasi air laut serta melestarikan ekosistem biota muara sungai,” kata Raymond saat dikonfirmasi, Kamis (9/6/2022).

Ia menjelaskan, Subgai Donan menjadi salah satu aspek penting penunjang perekonomian di Kabupaten Cilacap.

Banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dan industri yang berada di sekitarnya, diantaranya sebagai jalur transportasi, penyediaan air baku, dan budidaya kepiting dan perikanan. Harapannya kegiatan tersebut dapat terus terlaksana agar manfaatnya semakin dapat dinikmati banyak pihak.

Lebih lanjut ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak atas suksesnya penyelenggaraan kegiatan.

“Kami berharap sinergi antara PJT I, PT KPI RU IV, dan Pemerintah Kabupaten Cilacap tetap terjalin dengan baik, khususnya dalam pelestarian Sungai Donan,” ujar beliau.

Adapun kegiatan sosialisasi ini pun juga dapat membangun kesadaran dan pemahaman masyarakat dan seluruh pihak akan pentingnya menjaga lingkungan dan kelestarian Sungai.

Menutup pembicaraan, Raymond berharap agar sinergi yang telah terjalin dapat tetap terjaga di waktu yang akan datang. Serta mengajak masyarakat untuk peduli akan kelestarian Sungai Donan. “Kita Peduli, Donan Pun Akan Lestari” pungkasnya. (*)

Ajie MH.