in

Jalan Pantura Mulai Banyak Lubang, Pemprov Siap Terjunkan Tim Jalan Cantik

SEMARANG (jatengtoday.com) – Jalan di Pantura mulai berlubang. Apalagi ditambah guyuran hujan lebat di musim penghujan ini. Pemprov Jateng pun meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan patroli jalan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat tersebut.

Nantinya, jika Kementerian PUPR kewalahan melalukan penambalan jalan berlubang, Pemprov Jateng siap membantu pengerjaan lewat pasukan Jalan Cantik dari Dinas Bina Marga Jateng.

“Nanti teman-teman Bina Marga rajin, sistem informasi jalan kami dengan aplikasi jalan cantik bisa membantu. Tapi yang sifatnya dibuat sistematis dan terencana, Kemen PUPR dan Bina Marga sudah menyiapkan,” ucap Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Selasa (7/1/2020).

Secara garis besar, lanjutnya, pengerjaan jalur Pantura telah ada desain sistemnya. Bahkan meluas hingga jalur pantai selatan dan jalur tengah. Dia mengatakan selama ini terus menjalin komunikasi dengan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

“Progresnya sudah sangat bagus. Pengerjaan ini berjalan terus menerus. Tidak ada yang didiamkan. Bahwa belum sampai atau belum selesai memang harus ditangani dengan cara darurat,” katanya.

Terlepas dari proses pengerjaan jalan itu, dia juga mendesak para pemilik ataupun sopir truk agar membawa angkutan sesuai tonase yang telah ditentukan. Sebab  sumbangsih truk over capacity bagi jalan rusak juga sangat besar. (sir)

 

editor : ricky fitriyanto

Ajie MH.