in

HUT ke-75 RI, Emir Qatar Beri Selamat ke Presiden Jokowi

JAKARTA (jatengtoday.com) – Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani pada Senin (17/8) memberikan ucapan selamat hari ulang tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia kepada Presiden RI Joko Widodo. Demikian informasi dari Kedutaan Besar RI Doha sebagaimana diterima di Jakarta, Selasa (18/8/2020).
“Ucapan tersebut disampaikan melalui kawat yang disampaikan langsung ke Presiden Indonesia, Joko Widodo,” terang KBRI Doha tanpa memberi keterangan lebih lanjut.
Berbeda dari perayaan pada tahun sebelumnya, peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Qatar tahun ini digelar lewat acara-acara virtual demi menghindari risiko penularan Covid-19.
“Tahun ini, KBRI Doha menyelenggarakan peringatan HUT ke-75 RI secara sederhana. Belasan kegiatan perayaan HUT RI yang melibatkan masyarakat dilaksanakan secara virtual,” sebut KBRI Doha.
Kampanye di media sosial Twitter dan Instagram jadi salah satu kegiatan yang diadakan KBRI Doha untuk menyemarakkan peringatan HUT ke-75 RI di Qatar. Lewat unggahannya di Twitter, KBRI Doha mengajak warga negara Indonesia di Qatar untuk mencantumkan tagar #HUTRI75 dan #Indonesiamaju pada unggahan foto aktivitas pada akhir pekan.

Pemeriksaan Kesehatan

Walaupun demikian, ada beberapa kegiatan yang diselenggarakan secara langsung, salah satunya pemeriksaan kesehatan bagi para pekerja migran Indonesia di Qatar.
“Kegiatan yang sifatnya tatap muka, seperti pemeriksaan kesehatan bagi para pekerja migran Indonesia yang bermasalah di shelter KBRI dilaksanakan secara terbatas dan dengan prosedur ketat pencegahan Covid-19,” terang pihak kedutaan.
Menurut Worldometers, laman penyedia data independen, jumlah pasien positif Covid-19 di Qatar mencapai 115.368 jiwa dan 193 di antaranya meninggal dunia. Sejauh ini, 112.088 pasien Covid-19 di Qatar telah dinyatakan sembuh dan 3.087 lainnya masih menjalani perawatan.
Selama pandemi Covid-19, Pemerintah Qatar tetap membuka bandar udara terbesarnya, Hamad International Airport, agar dapat digunakan sebagai tempat transit untuk proses pemulangan warga negara asing dari berbagai negara, termasuk di antaranya warga negara Indonesia, sebut KBRI Doha lewat siaran tertulisnya. (ant)
editor : tri wuryono

Tri Wuryono