in ,

Hati-hati, Istri ASN Perlu Ingatkan Suaminya Selama Pilgub

SEMARANG – Menghadapi pemilihan kepala daerah yang akan berlangsung pada 2018 dan 2019, Sekda Jateng, Sri Puryono berpesan kepada para istri Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengingatkan suaminya agar tidak terlibat dalam politik praktis.

Ditegaskan, ASN harus bersikap netral dan profesional. Dalam hal ini, istri bisa ikut mengingatkan karena kebanyakan suami manut jika dinasehati istri. “Harapan saya terkait pilkada, saya minta tolong diingatkan kalau suami kebablasan. Biasanya, suami itu sing manjur mengingatkan itu istrinya, terutama pada saat mau tidur. Ibu-ibu ini fungsinya mendampingi suami sangat besar. Sebagai stabilitator, fasilitator dan mediator,” jelasnya, Kamis (15/2/2018).

Sebagai istri ASN, lanjut Sekda, mereka wajib memahami betul perkembangan dan situasi terkini, sehingga tidak salah dalam membawa diri. Seperti pada 2018-2019 ini yang merupakan tahun politik. Jika istri mengetahuinya, mereka sudah tahu apa yang mesti dilakukan.

“Di tahun politik 2018-2019 seluruh elemen masyarakat harus hati-hati berpolitik dan jangan mudah terprovokasi atau dipolitisasi. Apalagi sebagai seorang ASN, kita harus netral profesional. Kalau nggak, BKD akan memberi catatan-catatan sanksi. Ibu-ibu sekalian karena istri ASN, pandai-pandailah membawa diri,” ucapnya.

Dia menambahkan, hal yang sama juga sudah dipesankan kepada lima Pj Bupati yang baru saja dilantik. Yakni, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Jateng Prijo Anggoryo yang menjabat Pj Bupati Karanganyar, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jateng, Sinoeng N Rachmadi sebagai Pj Bupati Tegal, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Daerah Provinsi Jateng Tavip Supriyanto menjadi Pj Bupati Magelang, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan, dan Catatan Sipil Jateng Sudaryanto sebagai Pj Bupati Temanggung, serta Kepala Badan Kesbangpol Jateng Achmad Rofai sebagai Pj Wali Kota Tegal.

“Pj Bupati ada lima. Pak Prijo, Pk Sinung, Pak Tavip, Pak Dar, Pak Rofai, ini sudah saya peseni. Mas, ati-ati lho mas. Pesannya hanya dua, pegang integritas dan berikan pelayanan terbaik. Ora usah aneh-aneh,” bebernya. (ajie mh)

Editor: Ismu Puruhito