in

Hari Sumpah Pemuda 2023, Ferry Wawan Cahyono: Kita Harus Siap Hadapi Perubahan Perubahan yang Cepat

SEMARANG (jatengtoday.com) – Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono mengucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda 2023 majulah pemuda Indonesia, serta mengajak generasi muda untuk siap menghadapi tantangan dan perubahan yang begitu cepat. Generasi muda menghasilkan karya terbaik dan berkontribusi membangun dan memajukan negeri.

Menurutnya, tantangan anak muda saat ini tidaklah mudah, cepat merespon perkembangan dan tumbuhnya industri yang semakin hari semakin cepat. Perkembangan yang ada, harus bisa dimanfaatkan untuk membawa Indonesia semakin maju.

“Kita telah menyaksikan tumbuhnya dan berkembangnya  revolusi industri,  siklus inovasi, rantai distribusi yang mengalami pergeseran dan perkemangan dengan komplek cepat dan pendek,” kata Ferry legislator dari Partai Golkar Dapil Jateng-10 yang meliputi Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Purbalingga, dan Kabupaten Kebumen.

Seperti dicontohkannya, lahirnya perusahaan tranasportasi terbesar tanpa kendaraan seperti grab dan gojek, lahirnya perusahaan telekomunikasi tanpa infrastruktur dan jarigan seperti whatsapp dan telegram.

Demikian juga, perusahaan ritel terbesar tanpa store konvensional,seperti Tokopedia dan bukalapak, movie terbesar tanpa tanpa theatre  seperti Netflix dan lain sebagainya.

Revolusi industri menyebabkan organisasi bisnis dan lingkungan telah mengalami peningkatan pola, Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity (VUCA).  Kondisi transformasi yang terjadi dengan super cepat, tanpa bisa kita duga, rumit dan membingungkan.

“Adanya kondisi tersebut, kita tidak bisa mundur,  kita harus siap untuk menghadapi perubahan yang begitu cepat ini. saat ini yang sangat diperlukan agar sukses dan memenangkan persaingan adalah membekali diri dengan kepercayaan yang tinggi,” katanya.

Untuk meningkatkan kepercayaan diri tersebut,  ada beberapa yang harus dilakukan yakni, harus yakin dengan kekuatan Tuhan yang maha pengasih dan penyayang.

Selalu menjaga penampilan dan hentikan pemikiran negatif, temukan kelebihan diri, rajin membaca, olah raga, menyapa dengan sopan dan selalu persiapan sebaik mungkin.

“ Kita harus terus memilki mimpi dan terus melakukan intropeski diri, serta senantiasa bersyukur dan berdoa sebelum memulai aktivitas,” tandasnya. (*)

Ajie MH.