in

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Semburkan Abu hingga 400 Meter

LUMAJANG (jatengtoday.com) – Gunung Semeru di perbatasan Lumajang dan Kabupaten Malang kembali mengalami erupsi pada Jumat (24/1/2020) pagi. Gunung tertinggi di Pulau Jawa itu terlihat menyemburkan asap dengan ketinggian 400 meter.
“Telah terjadi erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur pada tanggal 24 Januari 2020 pukul 05:43 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 400 m di atas puncak (± 4.076 m di atas permukaan laut),” demikian pernyataan yang dikutip dari situs Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.
“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 24 mm dan durasi ± 1 menit 45 detik.”
Atas aktivitas tersebut, PVMBG belum mengubah status Gunung Semeru dan masih tetap di Level II atau waspada. Namun demikian, masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas di dalam radius 1 km dan wilayah sejauh 4 km di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif yang merupakan wilayah bukaan kawah aktif Gunung Semeru (Jongring Seloko) sebagai alur luncuran awan panas.
Selain itu, masyarakat juga diminta mewaspadai gugurnya kubah lava di Kawah Jongring Seloko.
Sepekan sebelumnya, Jumat (17/1) Gunung Semeru juga mengalami dua kali erupsi yang terjadi pukul 05.53 WIB dan pukul 17.22 WIB. Saat itu teramati dua kali letusan di Gunung Semeru dengan warna asap putih kelabu setinggi 400 meter pada pagi hari dan sorenya setinggi 600 meter yang condong ke arah utara. (*)
editor : tri wuryono