in

Dukung Program Sekolah di Rumah, Telkomsel Berikan Akses e-Learning Gratis Tanpa Kuota

SEMARANG (jatengtoday.com) – Telkomsel terus proaktif mengambil peran dalam upaya gotong royong dan solidaritas untuk terus bergerak maju bersama semua elemen masyarakat di tengah-tengah situasi darurat Covid-19. Salah satunya mendukung program sekolah di rumah yang diperpanjang.

Telkomsel memperluas inisiatif kolektif di bidang pendidikan bersama Perguruan Tinggi serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memberikan keleluasaan bagi mahasiswa dalam melakukan proses belajar mandiri dari rumah.

Yakni dengan menghadirkan Paket Bebas Akses ilmupedia hingga 30 GB bagi mahasiswa di 130 perguruan tinggi di Indonesia. mulai dari Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh hingga Universitas Cendrawasih di Jayapura, dan dari Universitas Negeri Manado di Manado hingga Universitas Nusa Cendana di Kupang.

“Kami harap upaya solidaritas bersama ini dapat mempermudah mahasiswa, dosen maupun orang tua yang sedikit banyak menghadapi tantangan karena darurat Covid-19 ini,” kata Dirut Telkomsel, Setyanto Hantoro, Sabtu (28/3/2020).

Paket ini, lanjutnya, memberikan keleluasaan bagi para mahasiswa untuk mengakses situs e-learning masing-masing kampus dan situs Spada Indonesia milik Kemendikbud selama 30 hari tanpa biaya. Ini merupakan pengembangan dari paket ilmupedia yang sebelumnya telah bisa digunakan untuk mengakses platform e-learning Quipper, Zenius, Cakap, Bahaso dan Sekolahmu.

Pihaknya akan senantiasa berdampingan dan berkolaborasi bersama pemerintah dan para pemangku kepentingan di sektor pendidikan untuk bergotong royong. “Menjaga dan memastikan agar aktivitas belajar para pelajar di berbagai tingkatan pendidikan tetap dapat dilakukan dengan efektif, walau harus dilakukan secara daring,” tuturnya.

Mahasiswa dapat memanfaatkan paket ini selama 30 hari sejak tanggal aktivasi melalui aplikasi MyTelkomsel. Paket ini melengkapi program Paket Bebas Akses 30 GB Ilmupedia yang sebelumnya telah disediakan untuk mengakses sejumlah platform belajar online sebagai respons menghadapi tantangan pandemi Covid-19, seperti aplikasi Quipper, Zenius, Cakap, Bahaso dan Sekolahmu.

Kenaikan Trafik Data 236 Persen
Setyanto menjelaskan, sejak diberlakukannya imbauan dari Pemerintah RI bagi para pelajar untuk melakukan proses belajar dari rumah secara daring, Telkomsel hingga kini mencatat peningkatan trafik layanan data dalam pemanfaatan sistem/aplikasi belajar daring (e-learning) yang mencapai 236 persen.

Untuk itu, Telkomsel telah menyiagakan tambahan kapasitas jaringan di sejumlah wilayah yang memberlakukan sistem pembelajaran jarak jauh.

“Kami juga telah melakukan pengamanan jaringan di wilayah residensial dan titik posko penanggulangan Covid-19, seperti kantor pemerintahan terkait dan rumah sakit, termasuk tiga Rumah Sakit Darurat khusus penanganan pasien pandemi Covid-19,” tandasnya. (*)

editor : tri wuryono

Ajie MH.