in

Ditolak Surabaya, MV Columbus Diizinkan Sandar di Semarang

SEMARANG (jatengtoday.com) – Kapal pesiar MV Columbus diizinkan bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jumat (13/3/2020). Padahal, kapal yang ditumpangi wisatawan asal Australia, Kanada, Inggris, Jerman, dan Belanda ini ditolak menurunkan penumpang di Surabaya.

Ketika dikonfirmasi, Kepala KKP Semarang, Aryanti menuturkan, sebelum kapal pesiar bersandar, ada tim yang mengecek kondisi penumpang. “Hasil pemeriksaan klir. Tidak ada yang positif corona,” ucapnya.

Wisman yang turun dari kapal, tampak keluar dari pintu kedatangan internasional setelah melewati thermal scanner. Sekitar 350 penumpang, mengikuti paket wisata menggunakan bus dan berkunjung ke Semarang, Borobudur, Ambarawa dan Mesastila Resort. Sisanya berjalan-jalan di mal, pusat kuliner dan tempat lainnya.

Sebelum tiba di Semarang, kapal tersebut berada di Lombok. Sedianya kapal pesiar yang membawa 1.004 penumpang dan 624 kru tersebut juga akan bersandar di Surabaya tapi ditolak, dan langsung menuju ke Semarang.

Di lain pihak, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo meminta masyarakat tidak panik terkait kedatangan MV Columbus yang ditolak di Surabaya. Pasalnya, para penumpang kapal telah dilakukan pemeriksaan oleh tim medis dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di atas perairan.

“Kami minta wisatawannya diproteksi meski sudah dicek dan negatif. Tapi dikawal kunjungannya ke titik-titik yang khusus dan tidak terlalu banyak keramaian,” tuturnya. (*)

 

editor: ricky fitriyanto