in

Dinilai Paling Pas Menjadi Gubernur Jateng, Berikut Profil Bambang Pacul

SEMARANG (jatengtoday.com) – Nama Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul memang telah beken dalam dunia politik Indonesia. Sosok yang acap bicara blak-blakan ini adalah Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng, sekaligus Ketua Komisi III DPR RI yang membidangi hukum, hak asasi manusia, dan keamanan. 

Tak heran jika kiprahnya selalu memantik perhatian publik. Namun, kini Bambang Pacul jadi magnet baru di kalangan yang lebih luas justru karena idiom korea yang dipopulerkannya. 

Idiom korea memang telah menghuni benak banyak warga kelas bawah di Jawa, terutama Jawa Tengah. Tapi, ketika idiom itu dibawa dan dipopulerkan kembali oleh Bambang Pacul, istilah korea jadi memiliki makna yang lebih luas, terkait dengan lingkup pemaknaan politik.

Menurut Bambang Pacul, istilah korea mengacu pada orang-orang dari kelas bawah yang mempunyai kehendak subjektif tinggi untuk melenting ke atas. Seorang korea mempunyai semangat kejuangan untuk keluar dari belenggu kemiskinan.

Dicalonkan Banyak Pihak

Kini, Panglima Besar Korea-korea itu diniai banyak pengamat politik sebagai sosok yang paling pas untuk dimajukan PDI Perjuangan sebagai calon Gubernur Jawa Tengah.

“Bambang Pacul merupakan pilihan bagus dari PDI Perjuangan untuk diusung sebagai calon gubernur dalam Pilkada 2024. Ketua DPD PDIP Jawa Tengah itu memiliki modal organisasi dan jaringan yang kuat sebagai calon pemimpin,” kata pakar politik Undip Yuliyanto MSi.

Senada Founder Cyrus Network, Hasan Nasbi, menilai  Bambang Pacul sebagai sosok yang bisa mengonsolidasi Jateng dan simbol rekonsiliasi seusai Pilpres 2024.

“Ini aspirasi dan simbol rekonsiliasi. Korea  jadi Gubernur Jawa Tengah jadi simbol rekonsiliasi. Dan saya yakin seluruh republik atau elite setuju,” ungkap Hasan.

Akar rumput dan Pimpinan DPC PDIP se-Jateng juga telah ramai memberi pernyataan meminta agar Bambang Pacul bersedia untuk maju dalam pilgub Jateng untuk memberi kejayaan ulang pada seperti pilihan gubernur sebelumnya.

Bambang Pacul sendiri mengakui sebagai sosok ksatria, dia tidak memiliki keinginan untuk menjadi Gubernur Jateng. Tapi, jika ada perintah dari Partai dan Ketum Ibu Mega, sebagai prajurit, sebagai korea sejati, dia akan siap maju.

Profil Bambang Pacul

Keberadaan Bambang Pacul yang kerap diundang dalam berbagai diskusi politik, serta videonya kerap tersebar di berbagai media sosial mulai dari Facebook hingga TikTok, membuat banyak orang penasaran dengan dirinya. 

Bambang Pacul atau yang bernama lengkap Ir. Bambang Wuryanto, MBA adalah seorang politisi Indonesia beragama Islam yang lahir pada 17 Juli 1956 di Lamongan Jawa Timur.

Ia, mengawali kiprah politik saat bergabung dengan PDIP pada tahun 2000. Sejak tahun 2004, dia berturut-turut telah terpilih sebagai anggota DPR RI sebanyak 4 kali, mulai dari periode 2004-2009, 2009-2014, 2014-2019, hingga 2019-2024.

Sebelum menjabat sebagai anggota DPR RI, Pacul mengawali karier di dunia politik dengan aktif di Badiklatpus DPP PDIP pada tahun 2000-2004. Setelah itu, Bambang pun dipercaya untuk menjadi staf ahli Fraksi PDIP di MPR.

Selain dikenal sebagai politisi PDIP yang menduduki jabatan di DPR RI, Bambang Pacul juga diketahui sebagai Ketua DPD PDIP Jawa Tengah.

Ia juga merupakan ayah dari Anggota DPD RI dari Casytha Arriwi Kathmandu yang merupakan anggota DPD RI periode 2019-2024 mewakili Jawa Tengah. (*)

Ajie MH.