in

Bank Jateng Luncurkan Buku Ensiklopedia Jawa Tengah

Bank Jateng meyakini bahwa UMKM memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Jateng dan nasional secara umum.

Irianto Harko Saputro, Direktur Bisnis Dana, Jasa, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bank Jateng, menyerahkan buku Ensiklopedia Jawa Tengah kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, disaksikan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jateng Rahmat Dwi Saputra, dan Bupati Banyumas Achmad Husein, Jumat (12/5/2023). (istimewa)

PURWOKERTO (jatengtoday.com) – Bank Jateng bersama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, yang bersinergi dengan Bank Indonesia, menyelenggarakan acara Banyumas Culture Carnaval Bursa Koperasi Usaha Kecil Menengah (Bursa KUKM) pada 12—14 Mei 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Bank Jateng juga meluncurkan buku “Ensiklopedia Jawa Tengah: Ekonomi, Sosial, dan Budaya”. Buku tersebut berisi laporan kinerja yang dilakukan oleh Bank Jateng yang bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jateng selama periode kepemimpinan Gubernur Ganjar Pranowo.

Peluncuran buku ensiklopedia tersebut dilakukan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Bank Jateng yang diwakili oleh Irianto Harko Saputro, Direktur Bisnis Dana, Jasa, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Irianto mengatakan bahwa salah satu agenda penting dalam kolaborasi antara Bank Jateng dengan Pemprov Jateng selama sepuluh tahun terakhir adalah sinergi dalam meningkatkan kapasitas para pelaku UMKM di Jawa Tengah.

Menurut Irianto, Bank Jateng meyakini bahwa UMKM memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Jateng dan nasional secara umum.

Oleh karena itu, Bank Jateng senantiasa memberikan dukungan kepada UMKM melalui penyaluran pembiayaan, penyelenggaraan pelatihan, dan pendampingan ekspor. Bank Jateng juga memiliki Unit Layanan Mikro yang memang ditujukan untuk melayani para pelaku UMKM.

“UMKM dikurasi dan dilatih, serta diberikan pembiayaan dari awalnya nasabah program Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga menjadi nasabah kredit komersial dan terus naik kelas sampai ke kredit ekspor,” ujarnya dalam talkshow Ngopi Ngapak yang merupakan bagian dari rangkaian acara Bursa KUKM.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengapresiasi Bank Jateng yang turut terlibat dalam pengembangan UMKM.

Menurut Ganjar, dari hasil evaluasi terhadap para pelaku UMKM Jateng, salah satu kebutuhann paling dasar adalah akses terhadap permodalan.

“Ternyata salah satu kebutuhan paling dasar adalah akses permodalan. Oleh karena itu kami ajak Bank Jateng memfasilitasi. Menyediakan sejumlah produk pembiayaan untuk UMKM bahkan pelaku usaha ultra mikro,” ujarnya.

Acara Banyumas Culture Carnaval Bursa Koperasi Usaha Kecil Menengah (Bursa KUKM) diselenggarakan pada tanggal 12—14 Mei 2023. Rangkaian acara diisi oleh berbagai kegiatan seperti pameran UMKM, talkshow, fashion show, dan karnaval budaya yang diikuti oleh seniman Banyumas dan warga masyarakat umum.

Rangkaian program Banyumas Culture Carnival juga turut diramaikan oleh 143 UMKM binaan berbagai lembaga, dinas, instansi serta perbankan dari seluruh Jawa Tengah. (*)

Ajie MH.