in

Area Kilang Refinery Unit V Balikpapan Terbakar

BALIKPAPAN (jatengtoday.com) – Kebakaran terjadi di area Pertamina Refinery Unit (RU) V Balikpapan, Jumat (19/6/2020) siang. Api berhasil diatasi dalam waktu sekitar 30 menit.
Api diduga muncul di area Hydrocracker Unit Plant 3B pada pukul 14.27 WITA namun berhasil dipadamkan pukul 15.05 WITA. Pertamina menggunakan tiga unit mobil pemadam kebakaran dan 3 unit trailer foam (busa) untuk menjinakkan api.
Humas Pertamina Kalimantan, Roberth Dumatubun menyatakan, kebakaran tidak sampai mengganggu kegiatan produksi kilang. Namun untuk pengamanan dan investigasi, Pertamina menghentikan sementara operasinya.
“Kami segera lakukan investigasi untuk mengetahui asal api,” kata Dumatubun.
Hydrocracker unit adalah fasilitas untuk memisahkan bahan baku sekunder seperti minyak gas oil menjadi minyak diesel, minyak tanah, dan jet fuel atau bahan bakar pesawat terbang. Dalam prosesnya antara lain menggunakan gas hidrogen sebagai pendingin.
Saat ini kilang Pertamina Balikpapan memproduksi minyak mentah menjadi sejumlah bahan bakar dengan kapasitas 260.000 barel per hari. (ant)
Tulisan ini sudah diedit dari sebelumnya Kawasan Proyek Kilang Balikpapan Terbakar menjadi Area Kilang Refinery Unit V Balikpapan Terbakar. Lokasi kebakaran bukan di area proyek Refinery Development Master Plan (RDMP). Demikian koreksi redaksi jatengtoday.com.
editor : tri wuryono

Tri Wuryono