in

Api Hanguskan Tujuh Lantai di Gedung Kejagung

JAKARTA (jatengtoday.com) – Sedikitnya tujuh lantai Gedung Kejaksaan Agung di Jalan Sultan Hasanudin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan jadi sasaran api dan terbakar, Sabtu (22/8/2020) malam.
“Iya memang ini ada perambatan (api). Tadi, kita saksikan ada sekitar tujuh lantai,” kata Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta Satriadi Gunawan.
Menurut Satriadi, lantai yang terbakar berada di sisi selatan gedung. Petugas damkar melokalisasi api agar tidak merambat hingga ke sisi utara gedung.
“Informasi awal kebakaran bermula dari lantai enam, sekarang sudah merambat ke lantai tiga,” katanya.
Sebanyak 43 kendaraan damkar, terdiri dari 26 unit wilayah Jakarta Selatan, empat unit dari Jakarta Pusat, dua unit dari Jakarta Utara, dua unit dari Jakarta Barat, empat unit dari Jakarta Timur, dan lima unit dari DKI Jakarta dikerahkan untuk memadamkan api.

Dokumen Aman

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud Md menginformasikan bahwa dokumen perkara di Kejaksaan Agung dalam kondisi aman meski terjadi kebakaran di gedung tersebut.
Informasi tersebut disampaikan Mahfud melalui akun Twitternya, @mohmahfudmd, Sabtu, menanggapi kebakaran yang menimpa Gedung Kejagung, Jakarta.
“Dapat diinfokan bahwa dokumen perkara aman sehingga kelanjutan penanganan perkara takkan terlalu terganggu. Yang terbakar adalah ruang intelijen dan ruang SDM,” cuit Mahfud.
Mahfud juga mengaku sudah berkomunikasi langsung dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin dan Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Fadhil Zumhana mengenai kejadian kebakaran itu.
Dalam lanjutan cuitannya, Mahfud meminta tidak perlu mengembangkan spekulasi terlalu jauh mengenai kebakaran itu, termasuk mengenai kondisi tahanan Kejagung.
“Gedung tahanan untuk para tersangka yang ditahan di Kejaksaan Agung juga ada di bagian lain yang tidak terjangkau oleh api. Gedung tahanan ada di belakang gedung yang agak jauh dari kobaran api. Pengamanan sudah diperketat,” pungkasnya.
Sementara, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana memastikan situasi dan kondisi di Rumah Tahanan (Rutan) Kejaksaan Agung tetap aman meski berada dalam satu komplek dengan Gedung Perencanaan Kejagung yang dilalap si jago merah.
“(Rumah) tahanan masih aman. Tahanannya ada di belakang. Kami persiapkan untuk evakuasi,” kata dia.
Sebelumnya, pada pukul 19.10 WIB Gedung milik korps Adhyaksa itu terbakar oleh api yang diperkirakan berasal dari lantai 3.
Hingga pukul 23.03 WIB pemadaman masih terus dilakukan oleh pihak pemadaman kebakaran dari seluruh wilayah di DKI Jakarta karena perambatan api masih terus terjadi.
Jaksa Agung Sanitiar Burhanudin menyebutkan gedung yang terbakar itu merupakan Gedung Pembinaan yang di dalamnya terdapat Biro Kepegawaian, Biro Keuangan, Biro Perencanaan, dan Biro Umum. (ant)
editor : tri wuryono
 
 

Tri Wuryono