in

Akhiri Puasa 30 Tahun, The Reds Pepet Manchester United

JAKARTA (jatengtoday.com) – Liverpool menyudahi penantian gelar juara Liga Inggris setelah tiga dasawarsa, usai dipastikan sebagai juara musim 2019/20 berkat hasil pertandingan antara Chelsea kontra Manchester City di Stamford Bridge, London, Kamis (25/6/2020) waktu setempat (Jumat dini hari WIB).
Chelsea mengalahkan Man City 2-1, yang berarti keunggulan 23 poin Liverpool di puncak klasemen tak akan terkejar mengingat musim hanya menyisakan tujuh putaran pertandingan lagi. The Reds memuncaki klasemen dengan poin 86, sedangkan the Citizen tertahan di peringkat kedua dengan poin 63.
Lewat trofi Liga Premier perdananya, Liverpool kini sudah mengoleksi 19 gelar juara kasta tertinggi Inggris, hanya terpaut satu raihan dari Manchester United, sekaligus memutus dominasi Manchester City dalam dua musim terakhir. Klub yang bermarkas di Stadion Anfield itu kali terakhir menjadi juara pada musim 1989-1990 saat kompetisi masih bernama Football League First Division.
Sukses tersebut disambut fans Liverpool dengan merayakan gelar juara Liga Premier di luar Stadion Anfield. Meskipun ada aturan pembatasan sosial karena pandemi Covid-19, pendukung Liverpool tetap membanjiri Anfield untuk merayakan kegembiraan atas keberhasilan tim yang sudah lama ditunggu.
Para fans bahkan membuat langit menjadi merah dengan suar dan kembang api serta menyanyikan lagu-lagu terkenal termasuk lagu kebangsaan tim “You’re Never Walk Alone”. Perayaan juga dilakukan di pusat kota termasuk di Gedung Cunard yang menyala merah malam itu.
Liverpool mengalahkan Crystal Palace 4-0 pada Rabu dan para penggemar tidak diizinkan masuk ke stadion untuk semua pertandingan Liga Premier sejak kompetisi kembali dimulai.
Mobil-mobil dijauhkan dari area stadion oleh polisi tetapi para pendukung tetap dengan gembira membunyikan klakson mereka. “Kami semua telah menunggu begitu lama, setiap orang yang telah terlibat dalam klub, mereka sudah putus asa untuk membawa pulang gelar bagi para pendukung,” kata mantan kapten Liverpool Jamie Carragher kepada Sky Sports.
Para pemain Liverpool berkumpul di sebuah hotel dan setelah menonton siaran langsung pertandingan dari Stamford Bridge mereka merayakan juara sendiri, jauh dari para pendukung. “Kami tidak akan memberi tahu Anda lokasinya, tetapi kami semua berada di sebuah hotel bersama sebagai sebuah tim,” kata full-back Andy Robertson.
Daftar Juara Liga Inggris 10 Tahun Terakhir
2019/20 Liverpool.
2018/19 Manchester City
2017/18 Manchester City
2016/17 Chelsea
2015/16 Leicester City
2014/15 Chelsea
2013/14 Manchester City
2012/13 Manchester United
2011/12 Manchester City
2010/11 Manchester United
Daftar Juara Terbanyak Liga Inggris Sepanjang Masa
20 – Manchester United
19 – Liverpool
13 – Arsenal
9 – Everton
7 – Aston Vill
6 – Sunderland, Chelsea, Manchester City
4 – Newcastle United, Sheffield Wednesday
3 – Huddersfield, Wolverhampton, Leeds United, Blackburn Rovers
2 – Preston North End, Portsmouth, Burnley, Tottenham Hotspur, Derby County
1 – Sheffield United, West Bromwich Albion, Ipswich Town, Nottingham Forest, Leicester City
(ant/rtr)
editor : tri wuryono