in

Adele Sabet Tiga Penghargaan Brit Awards

Brit Awards merupakan satu dari sedikit acara penghargaan yang tidak dibatalkan dalam dua tahun terakhir karena pandemi.

Adele (antara/instagram)

JAKARTA (jatengtoday.com) – Penyanyi solo Adele kembali tampil dalam pertunjukan secara langsung dan memenangkan tiga hadiah di Brit Awards yang digelar di London, Inggris, pada Selasa (8/2) waktu setempat.

Diva kelahiran London utara itu dinobatkan sebagai artis terbaik tahun ini di penghargaan musik terkemuka Inggris. Adele juga membawa pulang hadiah album terbaik tahun ini untuk “30” dan memenangkan lagu terbaik tahun ini untuk “Easy on Me”. 

Adele mengatakan ia mendedikasikan penghargaan tersebut untuk album “30”, untuk putranya Angelo dan mantan suaminya Simon Konecki.

“Album ini adalah semua perjalanan kita, bukan hanya milikku. Saya sangat bangga pada diri saya sendiri karena berpegang teguh pada kemampuan saya dan mengeluarkan album yang tentang sesuatu yang sangat pribadi bagi saya karena tidak banyak orang yang melakukan hal-hal seperti itu lagi,” katanya dikutip dari Associated Press pada Rabu (9/2/2022).

Dalam acara penghargaan itu, Adele menghibur penonton kota kelahirannya berlokasi di O2 Arena London. Ia duduk menyanyikan lagu “I Drink Wine”sambil memainkan piano dengan mengenakan gaun emas.

Kehadirannya di acara musik terbesar di Inggris itu menjadi penampilan pertamanya dalam beberapa minggu setelah ia membatalkan residensi Caesar’s Palace di Las Vegas, Amerika Serikat, pada menit-menit terakhir bulan lalu Januari karena faktor pandemi.

Brit Awards merupakan satu dari sedikit acara penghargaan yang tidak dibatalkan dalam dua tahun terakhir karena pandemi.

Pada 2020, Brit Awards berlangsung beberapa minggu sebelum Inggris melakukan karantina. Acara penghargaan tahun lalu diadakan pada Mei sebagai upaya uji coba dalam kenormalan baru dengan penonton berjumlah 4.000 orang.

Pada November, penyelenggara mengumumkan bahwa mereka menghapus kategori artis laki-laki dan perempuan yang selama ini dipisahkan di Brit Awards.

Penyelenggara mengatakan perubahan itu dapat merayakan artis dengan menilai musik dan karyanya alih-alih hanya melihat mereka sebagai laki-laki atau perempuan saja.

“Saya sangat suka menjadi seorang perempuan dan menjadi seorang artis perempuan. Saya bersedia. Saya benar-benar bangga dengan kita semua,” ujarnya.

Pada tahun ini, Brit Awards juga memberi penghargaan kepada Olivia Rodrigo untuk “Good 4 U”. Selain itu, ada pula Billie Eilish yang dinobatkan sebagai artis internasional terbaik.

Band alternatif London Wolf Alice memenangkan hadiah grup tahun ini, sementara superduo Silk Sonic dinobatkan sebagai grup internasional tahun ini. Sheeran menerima Brit Awards untuk penulis lagu terbaik.

Brit Awards tahun ini juga mencakup empat penghargaan baru untuk genre yang berbeda yang diputuskan oleh suara publik. Dua Lipa dinobatkan sebagai artis pop/R’n’B terbaik, Sam Fender mendapat penghargaan untuk alternatif/rock, Becky Hill dinobatkan sebagai artis tari terbaik, dan Dave untuk penampilan hip hop/grime/rap. (ant)

Tri Wuryono