in

Ada Makna Unik di Balik Nama Anak Ganjar Pranowo

Jika Ganjar memilih nama karena kecintaannya pada alam, maka Atikoh memberikan nama atas kecintaannya terhadap sepak bola.

JAKARTA (jatengtoday.com) – Ada kisah menarik di balik pemberian nama Muhammad Zinedine Alam Ganjar, putra semata wayang Bakal Calon Presiden 2024 dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo dan istrinya, Siti Atikoh. Ternyata penamaan sang anak dilatari hobi dari sang ayah dan ibunya.

Ganjar dan Atikoh menikah tahun 1999. Di beberapa momen, Atikoh mengungkapkan penantian memiliki buah hati sempat dirasakannya bersama Ganjar selama dua tahun. Hingga akhirnya, lahirlah seorang bayi laki-laki pada 14 Desember 2001.

Anak tunggalnya itu kemudian diberi nama Muhammad Zinedine Alam Ganjar. Tak sembarangan, ada banyak sejarah dalam penamaan yang diberikan Atikoh dan Ganjar kepada sang anak.

“Mas Ganjar itu dulu pecinta alam, jadi ketika nikah memang ada kesepakatan dari kita kalau anaknya laki-laki dikasih nama Alam,” ucap Atikoh di acara salah satu stasiun televisi, Kamis (21/9) malam.

Dalam kesepakatan itu, Atikoh mengungkap dirinya juga turut ambil bagian dalam penamaan. Jika Ganjar memilih nama karena kecintaannya pada alam, maka Atikoh memberikan nama atas kecintaannya terhadap sepak bola.

“Saya nitip satu dong, boleh nggak pas Alam lahir itu. Ya dari Zinedine Zidane, dan karena Zidan sudah banyak makanya saya pilihnya zinedine-ya saja. Karena waktu itu lagi ngetop,” katanya.

Zinedine Zidane merupakan sosok pemain sepak bola asal Prancis. Ia pernah merumput bersama sejumlah klub sepak bola kenamaan di Eropa, antara lain Bordeaux, Juventus dan Real Madrid.

Karir pesebakbola muslim itu moncer di kurun waktu 1998-2001. Tepatnya usai mengantarkan Prancis juara Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000. Zinedine Zidan juga tercatat meraih Ballon d’Or tahun 1998. (*)

Ajie MH.