in

ACT Jateng Kirim Puluhan Ton Logistik untuk Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru

ACT melepas keberangkatan truk pengangkut bantuan logistik untuk korban erupsi Gunung Semeru. (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Aksi Cepat Tanggap (ACT) Regional Jateng-DIY menyalurkan puluhan ton logistik untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

Bantuan kemanusiaan tersebut diangkut dengan tujuh truk. Sebanyak tiga armada diberangkatkan dari halaman kantor Gubernur Jateng, Jumat (10/12/2021). Sementara sisanya diberangkatkan dari Kota Yogyakarta.

Kepala Cabang ACT Jateng, Maruf Setiawan menerangkan, armada kemanusiaan tahap awal ini membawa sekitar 30 ton logistik. Bantuan akan disusul tahap selanjutnya hingga masa pemulihan nanti.

“Bantuan logistik ini menjadi pembuka bantuan-bantuan sahabat dermawan yang terus berdatangan dari 15 cabang ACT yang tersebar di Jateng an DIY. Kita terus bergerak memfasilitasi dan memberi kemudahan bagi masyarakat yang ingin membantu saudara di Lumajang,” jelas Maruf.

Adapun bantuan yang diberangkatkan berisi makanan pokok seperti beras, minyak, gula, tepung, dan kebutuan dapur lainnya. Selain itu, juga terdapat pakaian baru, popok, selimut, matras, terpal, hingga paket kebersihan diri.

Armada kemanusiaan yang berangkat dari Semarang dan Yogyakarta ini akan menuju Posko Induk ACT yang ada di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Lantas tim relawan di lapangan yang nantinya akan mendistribusikan ke posko-posko pengungsian yang tersebar di berbagai titik.

Maruf melanjutkan, selain bantuan pangan dan keperluan mendesak, ACT juga akan membangun hunian sementara bagi penyintas bencana yang rumahnya porak-poranda akibat awan panas dan lahar dingin erupsi Semeru. (*)

editor : tri wuryono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.