in

ACT Jateng Kembali Salurkan Bantuan untuk Korban Erupsi Semeru

Tim ACT terus bersama korban erupsi hingga fase recovery.

Tim ACT Jateng bersama pihak Kecamatan Mijen memberangkatkan truk bantuan logistik untuk korban erupsi Semeru. (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Tengah kembali menyalurkan bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Penyaluran bantuan ditandai dengan memberangkatkan truk kemanusiaan berisi logistik dari Kota Semarang, Selasa (4/1/2022).

Bantuan logistik sumbangan masyarakat itu berupa sembako, pakaian baru, perlengkapan tidur, hygen kit, perlengkapan ibadah, masker, obat-obatan, dan sebagainya.

Kepala Cabang ACT Jateng Ma’ruf Setiawan mengatakan, pengumpulan logistik dilakukan di berbagai cabang ACT yakni Pekalongan, Magelang, dan Semarang Raya.

Untuk Semarang Raya bantuan banyak bergulir dari warga Kecamatan Mijen yang difasilitasi oleh pihak kecamatan dan kelompok PKK. “Karena itu pelepasan truk dilakukan di Mijen,” ujarnya.

Camat Mijen Didik Dwi Hartono mengatakan bahwa antusias warga dalam membantu sesama sangat tinggi. Semua peduli dan bergerak terhadap korban Erupsi Semeru.

Kedermawanan diwujudkan dengan memberi bantuan berupa barang dan uang senilai Rp122.230.000. “Alhamdulillah hari ini bersama ACT bantuannya bisa berangkat ke Lumajang,” tuturnya.

Sebelumnya, ACT Regional Jateng-DIY sudah memberangkatkan 7 truk bantuan dengan muatan sekitar 30 ton logistik ke Kabupaten Lumajang, pada Jumat (10/12/2021).

Bantuan ini diharapkan menjadi suplai untuk para pengungsi terdampak erupsi Gunung Semeru.

Selepas fase emergency, tim Aksi Cepat Tanggap terus bersama masyarakat hingga fase recovery. Program lanjutan yang dihadirkan ialah pembangunan Integrated Community Shelter (ICS) atau hunian nyaman terpadu. (*)

editor : tri wuryono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.