in

30 ASN Pemprov Jateng Positif Covid-19, Ada yang Meninggal Dunia

SEMARANG (jatengtoday.com) – Sebanyak 30 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemprov Jateng positif Covid-19. Meski sebagian besar kondisinya baik, tapi sudah ada meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Jateng, Yulianto Prabowo enggan membeberkan identitas pasien yang meninggal dunia. “Sebagian besar OTG (orang tanpa gejala) kondisinya baik dan sehat. Sekarang diisolasi di Hotel Kesambi Hijau Semarang,” terangnya, Jumat (3/7/2020).

Dikatakan, para ASN yang positif itu ada yang bertugas di bagian pelayanan kesehatan dan pelayanan masyarakat. “Pada prinsipnya semua bisa tertular (Covid-19). Apalagi ASN itu tugasnya di bagian pelayanan dan tidak bisa WFH (Work From Home). Jadi resiko penularan lebih tinggi. Karyawan kesehatan itu selain tidak ada libur, mereka harus melayani pasien. Potensi tertular memang dari tenaga kesehatan,” ungkapnya.

Karena itu, dia meminta seluruh personel yang bertugas di bagian pelayanan memerhatikan protokol kesehatan. Terutama alat pelindung diri (APD). Masyarakat pun juga harus mematuhi aturan. Agar tidak tertular dan menulari.

“Maka harus hati-hati sekali. Yang sudah pakai APD lengkap saja masih bisa tertular Covid-19 apalagi yang tidak pakai. Kalau bagi masyarakat juga harus menyadari itu selalu pakai masker dan jaga jarak,” ujarnya.

Terkait kantor pelayanan tempat ASN tersebut bekerja, tidak dilakukan penutupan. Sebab, pelayanan kesehatan dan pelayanan masyarakat tetap harus berjalan.

“Kantor tidak harus ditutup sudah dilakukan penyemprotan disinfektan dan protokol kesehatan semakin diperketat, jaga jarak dan cuci tangan,” tegasnya. (*)

editor: ricky fitriyanto