in , ,

3 Tips Jitu, Pembagian Leger PHT Tepat Waktu

3 Tips Jitu, Pembagian Leger PHT Tepat Waktu

 

Sabtu, 17/09/2022. Saat ini beberapa sekolah telah melaksanakan penilaian harian terstuktur atau disingkat PHT. Baik sekolah yang berada di jenjang SD/MI, SMP/ MTs, SMA/ MA/ yang sederajat. Dahulu PHT lebih dikenal dengan mid semester atau midle test. Akan tetapi saat ini lebih populer PHT.

 

Setelah pelaksanaan PHT, beberapa sekolah membagikan hasilnya kepada orangtua atau wali murid dengan harapan agar dapat segera terdeteksi bagaimana pencapaian hasil belajar anak selama 3 bulan pertama melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Nah, kumpulan hasil PHT disebut pula leger PHT.

 

Beberapa sekolah yang berhasil membagikan leger PHT kepada orangtua, tentu sangat senang, karena ini merupakan salah satu wujud service sekolah pada masyarakat yang telah dipercaya mengelola pendidikan putra-putrinya. Sayangnya, masih ada beberapa sekolah yang belum berhasil membagikan leger PHT kepada orang tua.

 

Nah, berikut 3 tips jitu yang akan kami sampaikan, agar leger PHT tersampaikan pada orang tua tepat waktu:

 

  1. Laksanakan Koreksi Bersama Setelah PHT

Beberapa guru tidak memiliki waktu luang untuk melaksanakan koreksi hasil jawaban murid saat PHT. Melalui koreksi bersama, akan menambah semangat para guru dalam melakukan koreksi hasil PHT. Saat lelah, bisa istirahat sebentar serambi bercanda dengan sesama kolega, dan setelah itu bisa melanjutkan aktifitas utamanya kembali. Koreksi bersama bisa dilaksanakan di hari terakhir PHT, tanpa mengurangi jam kegiatan pembelajaran.

 

  1. Tentukan Waktu Pembagian Leger di Hari Pertama PHT

Jika guru tau lebih awal, terkait jadwal pembagian leger, tentu guru tersebut akan lebih gercep atau sat set dalam mengoreksi hasil PHT muridnya. Jika tidak ditentukan dari awal, maka guru bisa jadi akan egla- egle  atau terlalu santuy dalam pelaksanaan koreksi hasil PHT.

 

  1. Siapkan Link Input Nilai PHT

Jika ada link input nilai PHT yang bisa diakses semua guru, maka semua nilai PHT yang telah masuk link, akan segera terekam. Wali kelaspun tahu, guru mata pelajaran apa saja yang telah menginput nilai dan belum. Link input nilai PHT juga bisa dilihat semua guru, agar bisa saling mengingatkan siapa yang sudah selesai input nilai dan siapa yang belum.

Demikian 3 TIPS PEMBAGIAN LEGER TEPAT WAKTU, yang dapat kami sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi sekolah yang mengalami kendala pembagian leger PHT tidak sesuai harapan.

Bagaimana dengan sekolah kalian? Semoga leger PHT dapat tersampaikan pada orang tua tepat waktu yah(cmx)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.