in

Wujudkan Desa Digital, XL Axiata Donasikan 100 Laptop dan Akses Internet ke 12 Ponpes

SEMARANG (jatengtoday.com) – XL Axiata menyalurkan donasi sebanyak 100 unit laptop dan akses internet untuk 12 pondok pesantren di beberapa daerah. Donasi ini bagian dari program pengembangan Desa Digital yang sudah diinsiasi XL Axiata sejak 2020 silam.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini menjelaskan, pihaknya sengaja memilih ponpes karena dirasa merupakan komunitas yang memiliki potensi sebagai penggerak ekonomi di pedesaan.

Dengan donasi laptop dan sarana akses internet, pihaknya berharap para santri bisa meningkatkan literasi digitalnya sehingga bisa  mendorong dan membimbing masyarakat pedesaan ikut memanfaatkan sarana digital secara produktif.

“Dengan mendigitalkan pesantren, akan tumbuh generasi di pedesaan yang lebih siap menghadapi tantangan ke depan,” ucapnya dalam acara penyerahan donasi yang dihadiri Menkopolhukam Mahfud MD secara daring, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Tak Ada Dispensasi Bagi Santri untuk Mudik, Gus Yasin: Ponpes Memang Berharap Bulan Puasa Full Mengaji

Dikatakan, saat ini infrastruktur digital sudah tersebar hingga ke pelosok pedesaan, dan akan terus meluas agar bisa menjangkau semua penduduk Indonesia.

“Donasi laptop dan sarana akses internet XL Axiata disalurkan ke berbagai komunitas masyarakat desa sebagai bagian dari keseriusan kami dalam ikut menyiapkan masyarakat desa memasuki era digital,” paparnya.

Selain mendapatkan donasi laptop dan akses internet, ponpes juga mendapatkan program lanjutan berupa pelatihan sejumlah keahlian digital. Seperti cara memanfaatkan media sosial untuk promosi produk, fotografi, serta membuat konten digital yang efektif.

Dalam penyaluran donasi ini, XL Axiata bekerja sama dengan Benihbaik.com. Khusus untuk Pondok Pesantren Al Huda Boyolali, Regional Group Head Central Region XL Axiata, Bambang Parikesit menyerahkan donasi 6 unit laptop secara langsung kepada Pimpinan Yayasan, H. Aunullah A’la Habib. Lc di Boyolali, Jateng. (*)

 

editor: ricky fitriyanto