in

Udinus Dorong Kelurahan Pendrikan Kidul jadi Kampung Animasi

SEMARANG (jatengtoday.com) – Pemuda Karang Taruna Pandawa Lima, Kelurahan Pendrikan Kidul, Semarang Tengah, diberi pelatihan animasi oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Kelurahan tersebut ingin didorong menjadi ‘kampung animasi’.

Pelatihan pembuatan animasi yang bertemakan ‘Pemberdayaan Remaja Usia Produktif Melalui Pendekatan Technopreneurship dalam Bisnis Industri Kreatif’ diadakan di Studio Animasi Gedung H lantai 4 Udinus.

Dalam pelatihan tersebut, peserta diajarkan berbagai hal seputar pembuatan animasi. Mulai dari merancang hingga membentuk animasi secara sempurna hingga akhirnya diunggah di kanal Youtube.

Ketua tim PKM sekaligus Ketua Program studi Animasi D-4, Khafiizh Hastuti menjelaskan, mengembangkan kampung animasi berupa optimalisasi peran karang taruna ini sebagai bentuk implementasi dari technopreneurship. Bahkan, tak hanya pelatihan, nantinya juga akan diberikan pendampingan dan evaluasi secara berkala.

“Evaluasi akan dilakukan dengan melihat dari jumlah penonton dan subscriber di Youtube karang taruna. Kami akan berikan pendampingan berkala agar mampu sukses untuk program ini,” ujar Khafiizh dalam keterangan tertulisnya, Selasa (30/7/2019).

Ia pun menargetkan, Karang Taruna Pandawa Lima dapat memproduksi animasi pendek yang berdurasi sekitar 1-3 menit. Mereka nantinya juga akan memiliki akun Youtube dan dikelola secara mandiri.

“Mitra-mitra dalam program ini akan dibekali dan diberikan transfer ilmu produksi animasi secara sederhana dan publikasi di media sosial youtube. Sekaligus meningkatkan sumber daya manusia di lingkungan Pendrikan Kidul,” jelasnya.

Pelatihan ini termasuk dalam Program Kemitraan Masyarakat Udinus dan telah didanai oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti). (*)

editor : ricky fitriyanto