in

Tinggi Gelombang di Perairan Semarang-Rembang Capai 4 Meter

Beberapa perairan gelombang air lautnya mencapai 2,5 sampai 4 meter.

Ilustrasi gelombang tinggi. (pixabay)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Nelayan dan masyarakat yang tinggal di daerah pesisir perlu ekstra waspada. Pasalnya, akhir-akhir ini kondisi gelombang air laut di beberapa perairan cukup tinggi.

BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Tanjung Emas Semarang mengungkapkan potensi gelombang tinggi pada kurun waktu 11-12 Januari 2022.

Prakirawan BMKG, Retna Swasti Karini menuturkan, perairan dengan tinggi gelombang 2,5 meter hingga 4 meter terjadi di Laut Jawa bagian tengah, Perairan Brebes-Pemalang, Perairan Pekalongan-Kendal.

“Kondisi serupa juga terjadi di Perairan Semarang-Demak, Perairan Karimun Jawa, dan Perairan Pati-Rembang,” ujar Retna, Selasa (11/1/2022).

Adapun perairan dengan tinggi gelombang lebih rendah, antara 1,25 meter hingga 2,5 meter melanda Perairan Jepara dan Perairan Kalimantan Tengah bagian barat.

Menurut Retna, ketinggian gelombang air laut dipengaruhi oleh pola angin. Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari utara menuju timur laut. Kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan, pola angin dominan bergerak dari barat ke barat laut dengan kecepatan 5-20 knot.

BMKG berhara,p para nelayan memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Sebelum berlayar, harus memahami potensi gelombang, kecepatan angin, serta kemampuan armada yang digunakan.

BMKG juga mengimbau masyarakat yang tinggal dan beraktifitas di pesisir sekitar area berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada. (*)

 

Editor: Ajie MH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.