in

Terseret Arus saat Mandi di Sungai, Bocah di Grobogan Ditemukan Meninggal

Ketika musim hujan tiba, arus sungai bisa saja menjadi berbahaya.

Tim Gabungan saat melakukan evakuasi korban tenggelam di Sungai Kletak, Godong, Grobogan, Jumat (24/11/2023). (ist)

GROBOGAN (jatengtoday.com) – Seorang bocah bernama Deni Hermawan (13), ditemukan dalam kondisi meninggal di Sungai Kletak, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Jum’at (24/11/2023) sore.

Warga Dusun Godong RT 7 RW 2, Desa Godong, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah itu sebelumnya dilaporkan tenggelam saat mandi di sungai tersebut.

“Insiden ini bermula pada Jum’at (24/11/23), kurang lebih pukul 15.00 WIB, korban sedang mandi di Sungai Kletak,” kata Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto.

Diduga, korban tidak bisa berenang sehingga saat terseret arus sungai tidak mampu mengendalikan tubuhnya. “Setelah menerima laporan, kami langsung menerjunkan tim dari Basarnas Pos SAR Jepara,” katanya.

Proses pencarian yang dilakukan bersama tim gabungan Polri, TNI, TRC, BPBD Grobogan, SAR MTA, dan Bagana. “Petugas melakukan penyisiran dengan susur sungai. Saat kejadian, kondisi kedalaman Sungai Kletak kurang lebih 150 centimetr lebar 4 meter,” katanya.

Untuk memudahkan proses pencarian, sungai yang difungsikan sebagai saluran irigasi tersebut dilakukan penutupan di pintu air. “Pukul 17.20 WIB, korban ditemukan dalam keadaan kondisi meninggal. Lokasi penemuan kurang lebih berjarak 1 kilometer arah utara dari lokasi kejadian,” katanya.

Jenazah korban dievakuasi untuk selanjutnya dibawa ke rumah duka. “Musim hujan sudah mulai datang, warga yang beraktivitas di sungai maupun saluran irigasi, agar waspada,” ungkap dia.

Kakek Ditemukan Terapung

Terpisah, di hari yang sama, seorang kakek bernama Subari (78), warga Dusun Mintreng, Desa Baturagung, Kecamatan Gubug, Grobogan, ditemukan meninggal dalam kondisi terapung di Sungai Tuntang wilayah Baturagung, Gubug.

Korban awalnya beraktivitas di kebun tak jauh dari aliran Sungai Tuntang pada Kamis (23/11/2023), kurang lebih pukul 13.00 WIB. Diduga korban terpeleset sebelum akhirnya tenggelam di sungai itu. (*)

Abdul Mughis