in

Terpeleset saat Hendak Menimba Air, Warga di Sukoharjo Jatuh ke Sumur  

Korban berteriak meminta tolong kepada warga sekitar.

Puji Rahayu (65), warga Desa Ngabeyan RT 3 RW 2 Kecamatan Kartosuro, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, dievakuasi dalam kondisi selamat pada Rabu (18/10/2023). (dokumentasi basarnas)

SUKOHARJO (jatengtoday.com) – Insiden maut nyaris menimpa Puji Rahayu (65), warga Desa Ngabeyan RT 3 RW 2 Kecamatan Kartosuro, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, pada Rabu (18/10/2023).

Kejadian itu bermula kurang lebih pukul 10.00 WIB, saat itu ia hendak mengambil air di sumur dekat rumahnya untuk kebutuhan sehari-hari dengan cara menimba.

“Tanpa ia sadari, kakinya terpeleset hingga tubuhnya terjatuh ke dalam sumur,” kata Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto.

Saat itu juga, korban berteriak meminta tolong kepada warga sekitar. Beruntung, warga sekitar yang mendengar teriakan tersebut langsung melakukan pengecekan. Tentu saja hal itu membuat warga panik sebelum akhirnya dilaporkan ke Basarnas.

“Kami langsung menerjunkan tim SAR untuk melakukan operasi penyelamatan,” katanya.

Bersama tim SAR gabungan, penyelamatan dilakukan dengan metode lowering 1 rescuer turun dengan tali disertai alat bantu nafas Self Contained Breating Apparatus (SCBA).

“Tim SAR mengikat tubuh korban selanjutnya korban ditarik ke atas dengan sistem lifting. Kurang lebih pukul 11.05 WIB, korban berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat,” katanya.

Usai dilakukan evakuasi, survivor yang masih dalam kondisi lemah dan syok segera dilarikan ke Rumah Sakit Yarsis Kabupaten Sukoharjo untuk mendapatkan perawatan medis. (*)

Abdul Mughis