in

Tensi Politik Memanas, Jurnalis Bersholawat Merawat Kerukunan Umat

Menjelang pemilu, perbedaan pendapat dipastikan tidak dapat terhindarkan. Potensi perpecahan di tengah masyarakat perlu mendapat antisipasi sejak dini.

Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Koordinator Daerah (Korda) Muria Raya menggelar “Jurnalis Bersholawat” di Alun-alun Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Rabu (22/11/2023) malam. (ist)

KUDUS (jatengtoday.com) – Para jurnalis yang tergabung Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Koordinator Daerah (Korda) Muria Raya menggelar “Jurnalis Bersholawat” di Alun-alun Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Rabu (22/11/2023) malam.

Acara tersebut menjadi puncak dari rangkaian HUT IJTI ke-25 sekaligus peringatan maulid Nabi Muhammad SAW.

“Sebelumnya, ada turnamen bulu tangkis antar jurnalis televisi se-Jateng, kemudian seminar nasional dengan mendatangkan narasumber dari Dewan Pers dan IJTI Pusat,” ungkap kata Ketua IJTI Korda Muria Raya Iwhan Miftahudin.

Iwhan mengatakan kegiatan jurnalis bersholawat kali ini merupakan bentuk sumbangsih jurnalis televisi sebagai upaya mengajak masyarakat untuk menjaga kerukunan dan keutuhan bangsa menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

“Peran jurnalis tak sekedar membuat dan menginformasikan berita, melalui kegiatan bersholawat kali ini jurnalis televisi yang tergabung di dalam IJTI bermaksud kampanyekan jurnalisme positif,” katanya.

Dikatakannya, menjelang tahun politik, polusi informasi atau berita hoax banyak bertebaran melalui media sosial, “Maka dari itu, masyarakat harus jeli memilah berita, masyarakat jangan terpecah belah karena beda pilihan,” katanya.

Dengan mengusung tema “Menumbuhkan Jurnalisme Positif untuk Memperkuat Nasionalisme, Persatuan Umat Beragama dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”, kegiatan yang dimulai pukul 19.00 WIB itu menghadirkan sejumlah tokoh agama.

Di antaranya Gus Muwafiq dari Yogyakarta, Habib Muhammad Syarif Hidayatullah al Husaini bin Luthfi bin Ali Yahya dari Pekalongan, Habib Ali zainal Abidin bin Muhammad Al-Kaff dari Kudus, Habib Alwi Al-Habsyi dan Habib Alwi Al-Haddad dari Solo serta diiringi hadroh sholawat dari Grup Jati Sumo Negoro dari Pekalongan.

“Kami berharap, Pemilu 2024 berjalan lancar dan damai serta melahirkan pemimpin yang jujur dan amanah sesuai dengan harapan rakyat,” katanya. (*)

Abdul Mughis