in

Tekad Alfa Bintang, Berkarya melalui Kemewahan Pertunjukan Orkestra

Salah satu penampilan Kelompok orkestra asal Kota Semarang "Alfa Bintang Orkestra" dalam sebuah pertunjukan orkestra. (dokumentasi jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Musik berkonsep orkestra cenderung membawa kesan  sajian pertunjukan musik yang mewah dan berkelas. Secara komposisi memang tidak sederhana, karena melibatkan banyak musisi dengan berbagai instrumen dan arransemen yang kompleks.

Tidak banyak kelompok yang menempuh jalur musik orkestra. Tapi sekelompok musisi muda asal Kota Semarang berusaha menguji kemampuannya dalam mengarransen sebuah musik menggunakan konsep orkestra. Mereka adalah Alfa Bintang Orkestra.

Di kancah skena musik tanah air, Alfa Bintang Orkestra memang pendatang baru. Namun kemampuannya dalam mengomposisikan musik orkestra patut mendapat apresiasi.

Digawangi oleh sosok musisi muda bernama Alfa Bintang, kelompok orkestra ini telah berkali ulang membuat penonton takjub.  Salah satunya pertunjukan yang dihelat di Gedung Marabunta Kota Lama Semarang belum lama ini. Mereka membawakan sejumlah lagu populer dengan aransemen musik klasik.

“Saya memiliki ketertarikan khusus terhadap musik orkestra. Saya ingin Kota Semarang lebih dikenal dengan musik orkestra,” ungkap Alfa, kepada jatengtoday.com, Jumat (28/1/2022).

Kecintaannya terhadap musik orkestra dimulai sejak 2014 silam. Sejak usia dini, Alfa memang memiliki segudah pengalaman dengan menimba ilmu musik dari berbagai musisi ternama. Bahkan ia pernah tiga kali terlibat dalam pertunjukan musik orkestra di istana negara.

“Musik orkestra bagi saya punya ikatan emosional tersendiri,” ungkap jebolan Sekolah Menengah Musik Yogyakarta dan berlanjut di Jurusan Musik Universitas Negeri Semarang itu.

Berbekal pengalaman dalam bidang orkestra, Alfa membentuk kelompok Alfa Bintang Orkestra. Meski terbilang berumur jagung, kelompok orkestra ini melibatkan puluhan musisi handal yang telah khatam dalam ilmu musik.

“Saya ingin mengembangkan orkestra di Kota semarang,” ujar pemuda 21 tahun itu.

Dikatakannya, belum lama ini, Alfa Bintang Orkestra berkolaborasi dengan violinis berbakat Iqbal Harja Maulana. “Kami saat ini fokus latihan dan membuat aransemen-aransemen baru,” imbuh Alfa yang pernah dipercaya mengaransemen Konser Melly Goeslaw itu.

Lebih lanjut, dia bertekad, Alfa Bintang Orkestra agar mampu menghadirkan karya-karya baru yang bisa dinikmati masyarakat secara luas. “Saya memiliki mimpi, orkestra ini bisa dikenal tidak hanya di Indonesia, tapi juga hingga mancanegara,” katanya.

Alfa ingin membuktikan bahwa Kota Semarang bukan kota yang mati dalam bidang karya musik. Maka setidaknya, Alfa Bintang Orkestra bakal turut mewarnai kreativitas bidang musik di Kota Semarang.

“Sejumlah band asal Kota Semarang saat ini juga terus berkembang. Sebut saja Good Morning Everyone mulai merambah skala nasional dengan digandeng label ternama. Figura Renata dan Soegi Bornean juga dilirik agency musik ibu kota,” katanya.

Dia ingin menginspirasi generasi muda untuk terus mengasah kreativitas dalam bidang apapun. Apa pun genrenya, metal, rock, pop maupun folk agar terus bisa berkarya. “Kami akan terus berkarya melalui musik orkestra,” katanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.