in

Tak Segera Diperbaiki, Atap SD Negeri di Grobogan Ambrol, Siswa Diungsikan

Sudah diusulkan ke dinas terkait, namun hingga kini tak kunjung ada realisasi perbaikan.

Salah satu ruang kelas SDN 2 Ketangirejo, Kecamatan Godong, Grobogan, Jawa Tengah, yakni kelas 1 ambrol pada Minggu (3/12/2023) malam. (han)

GROBOGAN (jatengtoday.com) – Kondisi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Ketangirejo, Kecamatan Godong, Grobogan, Jawa Tengah hingga kini kian memprihatinkan. Pasalnya, konstruksi bangunan sekolah tersebut tidak layak dan membahayakan keselamatan para siswa.

Bahkan salah satu ruang kelas yakni kelas 1 ambrol pada Minggu (3/12/2023) malam lalu. Tidak hanya itu, ruangan kelas yang lain pun dalam kondisi bolong-bolong dan berpotensi ambruk. Ironisnya, kondisi sekolah milik negara ini tak segera dilakukan perbaikan atau dibangun.

“Tidak hanya ruang kelas 1 yang sudah lapuk, ruang kelas 3 juga telah dikosongkan karena lapuk,” kata Arif Saefuddin, salah satu guru SDN 2 Ketangirejo, ditemui Selasa (5/12/2023).

Dikatakannya, ambrolnya ruang kelas 1 tersebut baru diketahui pada Senin (4/12/2023) lalu. “Sejak awal tahun ajaran baru, ruang tersebut tidak dipakai (dikosongkan). Ya karena kondisinya lapuk. Takut ambrol,” katanya.

Akibatnya, proses belajar mengajar di sekolah tersebut terganggu adanya infrastruktur yang tidak layak. Atap ruang kelas banyak yang bolong. Para siswa terpaksa diungsikan ke ruang lain.

“Pada 2022 lalu juga sempat ada bagian dari atap yang jatuh. Sejak itulah para siswa diungsikan ke ruang lain. Siswa kelas 1 ini dipindahkan ke perpustakaan dan siswa kelas 3 dipindah ke ruang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi),” terangnya.

Sebagai guru, Arif mengaku tidak mengetahui kapan bangunan sekolah tersebut akan diperbaiki. Namun dia memastikan telah ada pengusulan kepada dinas terkait untuk perbaikan.

“Sudah diusulkan, tapi saya belum tahu kapan diperbaiki. Mungkin kepala sekolah tahu,” katanya.

Kepala Sekolah SDN 2 Ketangirejo belum berhasil dikonfirmasi atas ambrolnya ruang kelas tersebut. Informasi yang diperoleh, dia sedang berada di tempat lain dan tidak bisa dihubungi via ponsel pribadinya. (han)

Abdul Mughis