in

Setelah Lembur Siang Malam, Overpass Ngaliyan Akhirnya Dioperasikan

SEMARANG (jatengtoday.com) – Overpass tol Semarang-Batang di Jalan Prof Dr Hamka Ngaliyan memasuki tahap akhir. Setelah sekian lama dikebut dengan lembur siang malam, akhirnya overpass tersebut selesai.

Pantauan jatengtoday.com di lapangan, Kamis (6/12/2018), para pekerja proyek masih beraktivitas melakukan finishing. Arus lalu lintas telah dialihkan untuk melintasi overpass dua jalur.

Sejak Senin (3/12/2018) lalu, arus lalu lintas di ruas jalan tersebut tersendat akibat pembangunan overpass ini. Petugas sempat memberlakukan sistem buka tutup untuk peralihan dari jalur darurat ke overpass sisi kiri.

Sekarang, overpass sisi kanan juga telah selesai. Sehingga arus lalu-lintas sepenuhnya telah dialihkan ke overpass semuanya. Baik kendaraan dari arah selatan maupun dari arah utara.

Karena arus lalu-lintas telah dialihkan ke overpass, para pekerja saat ini proses melakukan pembongkaran jalur darurat yang terletak di sisi barat menggunakan alat berat.

“Saat ini sedang finishing, overpass sudah bisa dilalui kendaraan. Nanti tinggal melakukan pengaspalan,” kata salah satu pekerja di lokasi.

Salah satu warga di sekitar lokasi, Suyanto, mengaku senang overpass Ngaliyan tersebut hampir selesai. Sebab, selama proses pembangunan pengendara dan warga sekitar cukup terganggu.

“Selama melintasi jalur darurat, kondisi jalan sering macet karena jalannya menyempit. Apalagi saat hujan, lumpur bekas pengerukan terhanyut ke dataran bawah,” katanya.

Proses pembangunan berlangsung cukup lama saat pemasangan bore pile dan pembangunan girder (pondasi penyangga). Selain overpass Ngaliyan, juga terdapat pembangunan overpass Bringin Raya, Kawasan Industri Krapyak, dan overpass di Jalan Kemantren di lahan hutan milik PT Perhutani di wilayah Mangkang.

Humas PT Jasamarga Semarang Batang, Andy Susilo, mengatakan Jalan Tol Trans Jawa yang meliputi Tol Semarang-Batang ditargetkan bisa dioperasionalkan menyambut liburan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019.

“Secara keseluruhan ditargetkan selesai pertengahan Desember,” katanya.

Direncanakan, ujicoba operasional segera dilakukan pada Minggu kedua Desember 2018. “Sehingga liburan Natal dan Tahun Baru 2019, Jalan Tol Semarang Batang bisa digunakan,” katanya.

Jalan Tol Batang-Semarang ini memiliki panjang 75 Km, menjadi bagian Jalan Tol Trans Jawa. Terdapat pembagian lima seksi, yakni seksi I Batang-Batang Timur (3,20 Km), seksi II Batang Timur-Weleri (36,35 Km), seksi III Weleri-Kendal (11,05 Km), seksi IV Kendal-Kaliwungu (13,50 Km), dan seksi V Kaliwungu-Krapyak (10,10 Km). (*)

editor : ricky fitriyanto

Abdul Mughis