in

Semangat Sehat Mahija Hadirkan Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Jepara

Program ini menyasar 13.000 pahlawan daur ulang dari berbagai komunitas pengumpul botol plastik bekas pakai.

Warga Jepara sedang memeriksakan kesehatan gratis dalam program Semangat Sehat Mahija. (baihaqi/jatengtoday.com)
Warga Jepara sedang memeriksakan kesehatan gratis dalam program Semangat Sehat Mahija. (baihaqi/jatengtoday.com)

JEPARA (jatengtoday.com) — Mahija Parahita Nusantara melalui program Semangat Sehat Mahija menghadirkan layanan pemeriksaan kesehatan gratis untuk para pahlawan daur ulang di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Layanan tersebut tepatnya berlangsung di Desa Kuasen, Kabupaten Jepara pada Minggu (17/12/2023). Ratusan warga terlihat memadati acara, mengantre untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis.

Wakil Ketua Yayasan Mahija Parahita Nusantara, Suharji Gasali mengatakan, program Semangat Sehat Mahija bertujuan untuk memberikan layanan pemeriksaan sekaligus meningkatkan kesadaran akan kesehatan.

Selain di Jepara, kegiatan serupa juga terselenggara di Jakarta, Tangerang, Medan, Bekasi, Batam, dan Semarang. Program tersebut menyasar 13.000 pahlawan daur ulang (pekerja informal sektor sampah) dari berbagai komunitas pengumpul botol plastik bekas pakai.

 

Wakil Ketua Yayasan Mahija Parahita Nusantara, Suharji Gasali. (baihaqi/jatengtoday.com)
Wakil Ketua Yayasan Mahija Parahita Nusantara, Suharji Gasali. (baihaqi/jatengtoday.com)


Bantu Pahlawan Daur Ulang

Suharji menyadari bahwa pahlawan daur ulang memiliki peranan penting dalam menciptakan ekonomi sirkular, khususnya mempercepat peningkatan tingkat daur ulang PET paska konsumsi.

Sayangnya, walaupun mereka memegang peranan penting, masih banyak yang tidak mendapatkan akses terhadap layanan kesehatan.

“Untuk itu, kami berkomitmen membantu mereka dengan memberikan dukungan secara sosial, ekonomi dan edukasi untuk meningkatkan kesejahteraan mereka dan komunitas di sekitarnya,” ujar Suharji.

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan gratis, Mahija Parahita Nusantara juga memberikan paket sembako, edukasi, dan serta layanan kesehatan mental.

Pada tahun ini, Semangat Sehat Mahija berkolaborasi dengan Doctor Share yang memberikan pelayanan medis umum kepada pasien, Hati Plong untuk memberikan konsultasi psikologi, dan Coca-Cola Europacific Partners Indonesia yang mendukung dalam menyediakan produk minuman selama kegiatan berlangsung.

 

Warga Jepara sedang antre untuk memeriksakan kesehatan gratis dalam program Semangat Sehat Mahija. (baihaqi/jatengtoday.com)
Warga Jepara sedang antre untuk memeriksakan kesehatan gratis dalam program Semangat Sehat Mahija. (baihaqi/jatengtoday.com)


Warga Merasa Terbantu

Salah satu warga yang mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis, Samiati merasa terbantu dengan disediakan layanan kesehatan ini. Sehingga, ia bisa memeriksakan kesehatannya.

“Saya ada keluhan pusing kepala dan lutut terasa linu. Ini alhamdulillah tadi sudah diperiksa dan akan dikasih obat,” ujarnya.

Kepala Desa Kuasen, Jepara, Mazro’atul Khoir mengucapkan terima kasih karena Mahija Parahita Nusantara telah menghadirkan program Semangat Sehat Mahija di wilayahnya.

“Terima kasih banget karena sudah mau hadir untuk memberikan pelayanan kesehatan di desa kami, meskipun saya tahu pesertanya ada yang dari luar desa kami,” tuturnya.

Menurut dia, pemeriksaan kesehatan pada masa pergantian musim saat ini sangat penting. Sebab, banyak warga yang mengeluhkan sakit.

“Pemeriksaan kesehatan ini tidak hanya bermanfaat bagi yang sakit saja, yang sehat juga perlu mengecek kesehatan secara dini agar bisa mengantisipasi datangnya penyakit,” ungkapnya. (*)

editor : tri wuryono 

Baihaqi Annizar