in

10 Rookie K-Pop Sepanjang 2021, Lightsum hingga Epex

Grup idola K-pop LIGHTSUM ANTARA/Twitter.com/CUBE_LIGHTSUM

JAKARTA (jatengtoday.com) – Sejumlah grup idola dan band yang resmi menginjakkan kakinya dan mencoba peruntungan karir mereka di industri K-pop tahun ini. Ada satu di antara mereka yang mengusung format band dan bahkan sudah memenangkan penghargaan di acara musik untuk karya musik debutnya.

Siapa saja para rookie K-pop tahun 2021?

1. Xdinary Heroes

Nama Xdinary Heroes merupakan singkatan dari extraordinary heroes yang bisa diartikan pahlawan luar biasa. Para personel grup yakni Jooyeon, Gun-il, Jungsu, Jun-han, Gaon dan O.de ingin membawa pesan pada orang-orang bahwa siapapun bisa menjadi pahlawan melalui nama band mereka, “We Are All Heroes”.

Mereka menjadi band pertama JYP Entertainment dalam enam tahun terakhir setelah DAY6 yang debut pada September 2015. Xdinary Heroes resmi debut pada 6 Desember 2021 melalui single digital berjudul “Happy Death Day”.

Lagu debut band ini mewakili pemikiran berani dari Generasi Z, atau mereka yang lahir antara tahun 1997 dan pertengahan 2000-an tentang orang-orang yang memperlihatkan kepura-puraan dan kemunafikan. Jungsu dan Gaon mengambil bagian dalam menulis dan menyusun lagu.

Pembetot bas Jooyeon dan kibordis O.de mengungkapkan grupnya tidak hanya akan menghadirkan musik yang lebih gelap dan lebih kuat, tetapi juga menyampaikan pesan yang lebih blak-blakan.

Ini berbeda dengan DAY6 yang melalui lagu-lagunya banyak berkisah tentang berbagai momen dalam hidup.

2. IVE

Grup idola K-pop ini beranggotakan enam personel termasuk mantan personel grup IZ*ONE An Yu-jin, lalu Leeseo, Rei, Liz, Wonyoung dan Gaeul dan bernaung di bawah agensi Starship Entertainment.

IVE debut pada 1 Desember 2021 lewat single album “ELEVEN” yang juga menjadi judul lagu utama tentang bagaimana hati seorang gadis yang sedang jatuh cinta diwarnai dengan warna-warna mistis. Lagu ini bergenre pop dance.

Tak lama setelah debut, mereka mengumumkan perubahan gerakan tangan dalam salam resmi karena dinilai mirip dengan grup EVERGLOW, yang memulai debutnya pada tahun 2019. Pihak Starship sempat meminta maaf atas hal ini.

IVE memiliki basis penggemar yang dinamakan DIVE yang namanya merefleksikan sapaan IVE, “DIVE into IVE”

IVE menjadi grup baru pertama Starship sejak CRAVITY yang debut pada April 2020 dan grup idola wanita pertama mereka sejak WJSN pada Februari 2016.

Sejak debut, mereka sempat mencapai penjualan album minggu pertama tertinggi kedua dari album debut girl group mana pun dalam sejarah Hanteo, dan meraih kemenangan pertunjukan musik pertama di “Show Champion”.

3. EPEX

Grup idola K-pop EPEX. ANTARA/Twitter.com/the_EPEX

EPEX beranggotakan delapan orang yang dibentuk agensi C9 Entertainment yakni Wish, Keum Dong-hyun, Mu, A-Min, Baekseung, Ayden, Yewang, dan Jeff.

Grup ini memulai debutnya pada 8 Juni 2021 melalui mini album berjudul “Bipolar Pt.1: Prelude of Anxiety” dengan lagu utama “Lock Down”, sebuah lagu bergenre hip-hop elektro yang mengungkapkan potensi efek negatif dari media sosial.

Dalam perayaan hari ke-50 sejak debut, EPEX mengungkapkan nama klub penggemar resmi mereka yakni “ZENITH” yang berarti puncak yang akan dicapai bersama delapan anak laki-laki.

4. LIGHTSUM

Agensi Cube Entertainment mengumumkan LIGHTSUM sebagai grup idola K-pop wanita mereka yang debut melalui single album berjudul “Vanilla” pada 10 Juni 2021. Grup ini beranggotakan delapan personel yakni Sangah, Chowon, Nayoung, Hina, Juhyeon, Yujeong, Huiyeon dan Jian.

Tak lama setelah debut, mereka mengumumkan nama klub penggemar yang dikenal sebagai SUMIT (diucapkan seperti “summit”) yang dimaknai “LIGHTSUM dan penggemar mereka menjadi satu melalui media (it) LIGHTSUM (sum).”

5. MIRAE

​​​​​​​Grup yang bernaung di bawah agensi DSP Media ini digawangi tujuh personel yakni Lien, Lee Jun-hyuk, Yoo Dou-hyun, Khael, Son Dong-pyo, Park Si-young dan Jang Yu-bin. Mereka resmi debut pada 17 Maret 2021 melalui mini album “KILLA”.

Pada Agustus, mereka melakukan comeback dengan mengeluarkan mini album berjudul “Splash” dan mempromosikan lagu b-side yakni “Bang-Up”. Di antara pencapaian MIRAE sejak debut, salah satunya jumlah pengikut di akun resmi TikTok mereka yang sudah mencapai lebih dari 1 juta pada Oktober 2021.

Grup ini memilih Now sebagai nama penggemar mereka. Nama ini dipilih karena kata MIRAE dalam bahasa Korea memiliki arti masa depan.

6. CIIPHER

​​​​​​​Ciipher, grup yang memilih Clue sebagai nama resmi penggemarnya ini beranggotakan tujuh orang pemuda yang menandatangani kontrak di bawah RAIN Company dan diproduseri penyanyi sekaligus aktor Rain.

Grup beranggotakan tujuh orang personel yakni Tan, Hwi, Hyunbin, Keita, Tag, Dohwan dan Won ini debut pada 15 Maret 2021 melalui mini album “I Like You” yang video musiknya dibintangi aktris Kim Tae-hee atau tak lain istri Rain.

7. PURPLE KISS

​​​​​Grup yang bernaung di bawah agensi RBW ini debut dengan mini album berjudul “INTO VIOLET” pada 15 Maret 2021. Sebelumnya, yakni pada 3 Februari 2021, PURPLE KISS meluncurkan single pra debut berjudul “Can We Talk Again” dan “My Heart Skip a Beat”

PURPLE KISS memiliki tujuh orang personel yakni Park Ji-eun, Na Go-eun, Dosie, Ireh, Yuki, Chaein dan Swan. Mereka Mereka sebagai grup yang memproduksi lagu sendiri, dengan anggota yang terlibat dalam penulisan lagu, koreografi, dan aspek lain dari musik serta pertunjukan mereka.

Pada perayaan debut ke-100 hari, mereka mengungkapkan nama resmi penggemar yakni PLORY yang merupakan kombinasi PURPLE KISS dan GLORY dan dimaknai sebagai PURPLE KISS dan penggemar akan menghabiskan setiap momen berharga dan indah bersama.

8. KINGDOM​​​​​​​

Grup rookie beranggotakan tujuh orang yakni Dann, Arthur, Mujin, Louis, Ivan, Jahan dan Chiwoo ini debut melalui mini album berjudul “History of Kingdom: Part I. Arthur” dengan lagu utama berjudul “Excalibur”​​​​​​​ pada 18 Februari 2021.

Mereka lalu melakukan comeback dengan mini album “History of Kingdom: Part II. Chiwoo”.

KINGDOM sempat menunda kegiatan pada 9 Juli lalu sembari menunggu hasil tes COVID-19. Pihak agensi mengkonfirmasi semua anggota dan staf mereka dinyatakan negatif dan grup kembali beraktivitas seperti biasa.

9. TRI.BE

Grup yang berada di agensi TR Entertainment dan Mallow Entertainment ini resmi debut pada 17 Februari 2021 lewat single album berjudul “Tri.be Da Loca”. Lagu utama album yakni “DOOM DOOM TA” diproduseri dan ditulis Shinsadong Tiger dan LE EXID.

TRI.BE yang digawangi tujuh personel yakni Songsun, Kelly, Jinha, Hyunbin, Jia, Soeun dan Mire ini bernaung di bawah agensi Shinsadong Tiger dan Universal Music Group.

Pada 12 Oktober, mereka meluncurkan mini album pertama yakni “VENI VIDI VICI” dengan lagu utama “WOULD YOU RUN”, sebuah trek beritme energik.

10. PIXY

​​​​​Resmi debut pada 24 Februari 2021 melalui single digital berjudul “Wings”, grup ini beranggotakan enam personel yakni Ella, Lola, Satbyeol, Dia, Sua dan Dajeong. PIXY berada dalam agensi ALLART Entertainment dan Happy Tribe Entertainment.

Belum lama ini, mereka mengeluarkan video musik performa untuk single digital “Call Me” dengan konsep berbeda dari rilisan sebelumnya yakni “Fairy Forest: Bravery” dan “Temptation” yang mengusung tema muda. (ant)

editor : tri wuryono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *