in

Ratusan Mahasiswa Penerima Beasiswa Djarum Ikuti Nation Building

Nation Building ini bertujuan agar para Beswan Djarum berdaya saing tinggi, tidak hanya unggul secara akademik.

Beswan Djarum sedang pentas drama kolosal dalam Malam Dharma Puruhita di Semarang yang merupakan puncak rangkaian Nation Building. (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Sebanyak 521 mahasiswa dari 93 perguruan tinggi di Indonesia yang menerima Djarum Beasiswa Plus angkatan ke-38 mengikuti Nation Building pada 5–10 Oktober 2023 di Semarang dan Kudus, Jawa Tengah.

Penerima beasiswa Djarum yang disebut Beswan Djarum tersebut ditempa pengetahuan berharga. Mereka dipertemukan dengan para alumni serta tokoh-tokoh penting untuk berbagi pengalaman.

Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation Primadi H. Serad mengatakan, Nation Building ini bertujuan agar para Beswan Djarum berdaya saing tinggi, tidak hanya unggul secara akademik, sehingga nantinya siap menghadapi era bonus demografi.

Dikatakan, Indonesia akan menghadapi era bonus demografi dalam beberapa tahun ke depan, tepatnya pada 2030 hingga 2045. Generasi muda memegang peranan penting karena saat itu diperkirakan penduduk usia produktif mencapai hampir 70 persen dari total jumlah penduduk Indonesia.

Bakti Pendidikan Djarum Foundation melalui program Djarum Beasiswa Plus senantiasa ingin mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu menguasai soft skills serta memiliki nasionalisme yang kuat.

“Oleh karena itu, setelah menjalani rangkaian pelatihan soft skills, para Beswan Djarum juga dibekali wawasan kebangsaan melalui kegiatan Nation Building ini, sehingga nantinya mereka mampu dan siap menghadapi berbagai tantangan dunia yang berubah begitu cepat, kompleks, dan tidak terprediksi,” ujar Primadi, Selasa (10/10/2023).

Perlu diketahui, di antara rangkaian Nation Building adalah kunjungan budaya ke Kudus. Beswan Djarum diajak mengunjungi Masjid Menara Kudus yang merupakan salah satu warisan bersejarah yang melambangkan akulturasi dan keharmonisan bangsa.

Tidak hanya itu, mereka juga mengunjungi beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) binaan Djarum Foundation untuk berbagi pengetahuan dalam proses melahirkan generasi terampil yang siap bekerja.

Para Beswan Djarum juga berkesempatan mengikuti temu wicara kebangsaan bersama para tokoh yang sudah mengharumkan nama bangsa, seperti mantan atlet bulutangkis binaan PB Djarum, Liliyana Natsir.

Alumni Beswan Djarum yang telah sukses berkarier di bidangnya juga turut hadir membagikan pengalaman profesionalnya seperti pendiri QnC Laundry Daniel Christian Tarigan, dan Analis Kebijakan di Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia Dudih Sutrisman.

Puncak rangkaian Nation Building mempersembahkan pementasan Malam Dharma Puruhita di Semarang yang dibawakan oleh para Beswan Djarum dengan format pertunjukan kolosal dalam bentuk seni drama, tari, dan musik. (*)

editor : tri wuryono 

Baihaqi Annizar