in

RainDrop Aplikasi Gratis Terbaik untuk Bookmark

Aplikasi ini mengatasi kebiasaan buruk ketika browsing: lupa alamat yang pernah kamu buka.

Setelah baca artikel ini, kamu akan bisa simpan URL terbaik yang pernah kamu buka dan mengelola bookmark kamu dalam 1 tempat, yang mudah kamu cari, bagikan, dan kebiasaan buruk “lupa alamatnya” akan hilang. Cara ini akan melampaui teknik membuat bookmark yang biasa.

Artikel ini tentang aplikasi terbaik dalam bookmark, bernama RainDrop.

Bookmark Artinya Apa

“Bookmark”, penanda buku, sebenarnya lipatan di halaman ketika kita baca buku. Misalnya, kita sampai di halaman 79, agar nanti ingat lagi sampai halaman mana, kemudian kita lipat halaman itu. Atau kita beri selipan kertas. “Bookmark” dalam browsing memakai analogi seperti itu. Apa yang kita anggap sebagai URL bagus, kita klik bintang, kita tandai sebagai alamat bagus yang bisa kita buka dengan cepat nanti.

Bookmark di browser Google Chrome, seperti ini:

Bookmark di Google Chrome. Lihat penanda “bintang” yang berwarna biru. Artinya, alamat (URL) ini sudah kita beri bookmark.

Kebiasaan Buruk Tidak Membuat Bookmark

Kebiasaan buruk dalam browsing: tidak membuat bookmark.

Ini yang terjadi kalau kamu tidak terbiasa membuat bookmark:

Kamu kehilangan jejak. Alamat (URL) yang kemarin, seminggu yang lalu, setahun yang lalu, sudah kamu buka (dan kamu anggap bagus), tidak bisa kamu ingat lagi. Kamu tidak punya sistem pengelolaan informasi, sementara ingatan kita sering melemah. Itu sebabnya, kamu perlu aplikasi khusus untuk simpan dan kelola bookmark.

Sekarang terjadi overload informasi. Tidak ada pertanyaan, “Apa yang bagus di internet?”. Semua penyedia informasi mengatakan, mereka punya yang terbaik, terbaru, dan “.. kamu butuhkan..”. Belum tentu seperti itu. Tidak semua orang punya waktu untuk mencoba, melihat, dan membaca apa yang disediakan di internet. Twitter, misalnya, dalam 1 detik ada 6000 tweet baru. Setidaknya, semua orang, ingin informasi terpercaya menurut versi mereka sendiri, yang bisa mereka andalkan.

Singkatnya, bookmark atau URL yang kita anggap bagus, adalah apa yang sedang kita percaya dan akan kita buka lagi nanti.

Tanpa bookmark, orang hanya tenggelam dalam kebaruan, kecepatan, dan lautan informasi yang membludak.

Masalah Menyakitkan dalam Membuat Bookmark

Orang sering tidak menyadari, betapa mudahnya mereka merelakan apa yang sudah mereka ingat sekarang, untuk mereka lupakan dengan cepat besok, hanya karena mereka tidak luangkan waktu 5 detik untuk membuat bookmark.

Membuat bookmark memang penuh masalah, kalau kita masih mengandalkan browser yang polosoan atau aplikasi bookmark yang buruk.

Apa saja masalah menyakitkan dalam membuat bookmark?

  • Kita sering buka browser, menandai URL bagus, dengan klik bintang (atau akses menu “bookmark”). Ternyata waktu itu kita lupa login. Atau ganti perangkat. Akhirnya, apa yang kita bookmark hilang begitu saja.
  • Pada kejadian lain, kita bookmark URL, tetapi tidak bisa memberikan deskripsi singkat apa isi URL itu. Akhirnya, harus klik URL itu hanya karena kita lupa, “Ini link apa?”.
  • Sering juga, kita punya koleksi banyak, namun kalau mau “search” sesuatu, tidak dengan cepat menemukan apa yang pernah kita bookmark, alias manual dengan scroll dan klik. Atau ada aplikasi penyedia layanan bookmark yang berbayar, mahal, dengan fitur yang terlalu biasa.

Benarkah demikian?

Masalahnya, sistem bookmark dari browser tidak layak untuk itu. Kita perlu aplikasi tambahan.

Semua masalah menyakitkan itu, teratasi setelah RainDrop datang.

Rain Drop Mengatasi Masalah Bookmark

Kalau kamu pakai RainDrop, semua masalah di atas, good bye.

Kamu lebih hemat waktu. Semua koleksi bookmark kamu ada dalam 1 tempat dan bisa kamu cari dengan cepat.

Menurut Rustem Mussabekov, pendiri RainDrop, tujuan sejak awal pembuatan RainDrop hanya satu: agar orang bisa bookmark apa yang mereka browsing. Titik.

Tentunya, dengan kelebihan lain yang tidak ada di sistem bookmark biasa.

Yang Terjadi Jika Kamu Install RainDrop

Apa yang bisa kita lakukan jika install Raindrop?

Semua hal menyakitkan, terkait bookmark, teratasi oleh Rain Drop.

Fitur Rain Drop Versi Gratis

Coba versi gratis. Sudah cukup untuk koleksi bookmark tanpa batas.

Versi gratis benar-benar gratis, tidak ada tarikan dan permintaan membayar.

  • Bookmark tanpa batas. Berapapun link yang ingin kamu bookmark, bisa masuk.
  • Koleksi tanpa batas. Selama browsing, pasti kita punya kesukaan. Mana yang masuk “pekerjaan”, mana yang masuk “informasi”, dll. “Koleksi” di RainDrop menjadi semacam pengelompokan topik yang kamu suka.
  • Highlight (sorotan) tanpa batas. Misalnya, kamu baca suatu artikel, kemudian ada sebagian konten di dalam artikel itu, ingin kamu ingat, tinggal pilih (buat seleksi, tarik dan geser) kemudian simpan sebagai highlight (sorotan). Ini berguna ketika kamu mengumpulkan bahan untuk menulis.
  • Perangkat tanpa batas. Device (perangkat) yang sudah login (masuk), tidak dibatasi. Artinya, kamu bisa login dari Android, browser, lebih dari 1 perangkat.
    Terintegrasi dengan 2.600 aplikasi yang compatible.
  • Raindrop bisa kamu install di Android, iOS, sebagai Chrome extension, addons di Firefox, dan Microsoft Edge. Buka langsung dari browser, tidak masalah.
  • Kamu bisa bagikan dan kolaborasi. Misalnya, kamu dan beberapa orang dalam 1 tim, sedang berburu informasi tentang Etherium 2.0, kemudian bersama-sama mengumpulkan informasi terbaik dalam 1 koleksi.
  • Sebulan bisa upload 100MB. Ini jumlah yang sudah cukup untuk menandai URL yang pernah kamu buka dalam 1 bulan.

Singaktnya, semua fitur esensial dalam bookmark, sudah ada di versi gratis.

Fitur esensial yang saya suka: menambahkan tag. Kalau saya tidak punya waktu untuk memasukkan suatu bookmark ke dalam koleksi, saya tambahkan tag. Atur nanti, kelompokkan nanti. Yang penting sudah ada tag.

Update dari RainDrop selalu berisi fitur yang “saya perlu ini”.

Ketika menyusun-ulang bookmark yang sudah masuk, kita bisa lakukan “manual order”. Menyusun secara manual dengan tarik-geret. Detail bookmark, bisa kita “hide” (sembunyikan). Yang paling menarik, kotak pencarian Rain Drop saya rasakan sangat cepat, akurat, dan fleksibel.

Fitur “search” di RainDrop yang cepat, akurat, dan fleksibel. (Image: RainDrop)

Begitu klik “Search”, ada statistik singkat: berapa yang kamu jadikan favorit, kamu punya berapa tags, link mana saja yang “broken”, adakah duplikasi (link ganda, yang sama). Pencarian bisa berdasarkan “in title” (dalam judul), tanggal, atau kata yang ada di URL.

Kalau kebingungan, lakukan cara klasik seperti kalau kamu search di Google: ketik saja 1 kata. Akan ada hasil yang disarankan.

Andalkan selalu salah satu kata di judul yang pernah kamu bookmark.
Sekalipun dalam 1 bulan ini kamu ada 2000 bookmark, apa yang kamu cari akan ditampilkan.

Save all tabs, fitur RainDrop.

Pernah buka banyak tabs, lalu harus tutup browser (karena kawan-kawan mengajak kamu bermain futsal) dan ingin save semua URL yang sedang terbuka itu? RainDrop bisa save all tabs.

Keamanan RainDrop

Apakah RainDrop Aman? Aman.

RainDrop bekerja di SSL (secure sockets layer) di balik VPC. Tidak ada iklan. Tidak ada pelacak (tracker) yang akan mengusik data pribadi kamu. Ini project open-source di mana orang bisa terlibat bersama. Mereka tidak sembunyikan kode, kita bisa lihat repository mereka di GitHub.

Github RainDrop
https://github.com/raindropio

RainDrop dikembangkan developer bebas (bukan perusahaan komerisal di bawah afiliasi dan kepentingan tertentu) sejak 2013. Pendirinya punya cerita tentang RainDrop.

Saya install RainDrop karena suka browsing dan ingin membagikan apa yang saya anggap bagus itu kepada kawan-kawan saya. Saya bisa lebih menghemat waktu, dengan mengakses apa yang pernah saya bookmark, dari 1 tempat, dan bisa saya buka dari mana saja. Saya punya informasi terpercaya, versi saya, dan tidak tenggelam dalam overload informasi. Waktu dan pengetahuan itu berharga, terutama untuk besok. Gunakan sistem bookmark terbaik dari RainDrop.

Install RainDrop

Kamu bisa install RainDrop sebagai aplikasi di Android, iOS, sebagai extension atau addons di browser Chrome, Firefox, Edge, Safari, atau buka langsung di Browser.

Install dan Download RainDrop
https://raindrop.io

Kamu bisa memulai memakai RainDrop dengan bookmark artikel ini.

Kabari saya kalau ada fitur bookmarking yang lebih baik dibandingkan RainDrop. [dm]

Day Milovich

Webmaster, artworker, penulis, konsultan media, tinggal di Rembang dan Semarang.

One Comment

  1. Jarang Banget Yang Tau Raindrop.. Padahal Bagus Banget Bisa Nyimpen Link-link Yang Menurut Kita Bakal Bermanfaat.. Setidaknya Jika Lupa Linknya Atau Website Nya, Bisa Dilihat Di Raindrop Kembal.. Banyak Fitur Yang Tak Terduga, Pokoknya The Best! Saya Orang Yang Tipikalnya Suka Banget Nge-bookmark Saking Setiap Hari Sering Nge-search Entah Tentang Materi Pelajaran Maupun Trending Topics.. Dan Untuk Melihat Halaman Web Tiga Atau Tujuh Hari Yang Lalu Itu Susah Banget Karena Ketumpuk Sama History Hari Ini Dan Kemarin… Jadi Setelah Mengenal App Raindrop Ini.. Saya Merasa Terbantu Banget… Dan Aplikasi Ini Aman Loh Karena Privasi.. Hehe