in

Pinterest untuk Belajar di Rumah

Pinterest, tempat kurasi (koleksi terpilih) gambar atau video yang kamu temukan selama browsing, dengan klasifikasi tematis. Bisa juga upload gambar atau video. Misalnya, kamu menyukai gambar untuk kaos, kamu bisa satukan ke dalam 1 Board. Ini semacam folder berisi tema gambar yang hampir sama.

Pinterest bukan Instagram yang mengutamakan iklan brand atau influencer. Pinterest berisi kurasi dan temuan gambar atau video terbaik yang akan kamu pakai sebagai bahan inspirasi. Pinterest tidak perlu ribet menambahkan hashtag.

Algoritma Pinterest semakin pintar dalam memberikan rekomendasi gambar atau video di Beranda.  Pinterest nggak berisi komentar-komentar yang mengganggu. Jarang sekali orang berkomentar.

Pinterest lebih mirip pameran gambar yang selalu baru, unik, dan mengundang seleramu untuk simpan dan simpan terus-menerus.

Pinterest memakai sistem Pin This dan Save ke Board. Kamu bisa upload gambar atau video langsung dari komputer atau Android, kalau menurutmu okay untuk dibagikan.

 

 

aplikasi pinterest di play store
Nggak zaman lagi save gambar ketika browsing. Pin gambar yang kamu temukan dengan Pinterest. (Photo: Play Store)

Untuk mendaftar, bisa langsung dengan akun Google yang tertanam di Play Store (kalau mau cepat). Ada versi Android, gratis. Bisa juga memakai Chrome Extension. Setiap ada gambar atau video menarik, tinggal klik Save di atas gambar itu, maka akan tersimpan di akun Pinterest kamu.

Download Pinterest di Android (Play Store)
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pinterest 

Pinterest Save Button untuk browser Google Chrome
https://chrome.google.com/webstore/detail/pinterest-save-button/gpdjojdkbbmdfjfahjcgigfpmkopogic

Kecerdasan Visual Spasial

Prinsip yang harus kita ingat, ketika ingin menggunakan Pinterest sebagai media belajar adalah “berpikir secara visual”.

Baca: Cerita Nyata, Bagaimana COVID-19 Menghapus Kecerdasan Anak

Kecerdasan yang bisa kamu kembangkan di Pinterest adalah jenis kecerdasan “visual spasial”. Kecerdasan melihat, pandang ruang, dan hal-hal yang berhubungan dengan gambar.

Apa manfaat memakai Pinterest?

KURASI. Tidak mudah membuat seleksi terbaik dari tema yang kamu inginkan. Pinterest sangat membantu. Misalnya, saya ingin belajar membuat logo. Tidak perlu browsing lama-lama hanya untuk mendapatlan contoh-contoh logo. Pinterest tempatnya orang mengumpulkan (dalam hal ini) logo.

Berita baiknya, jika kamu klik salah satu gambar, ada link yang akan mengantar kamu ke sumber gambar itu. Biasanya berupa artikel, tempat asal mula gambar itu.

Selain kurasi, Pinterest menjadi ruang mencari inspirasi. Misalnya, saya ingin tahu bagaimana logo-logo brand ternama dibuat. Saya sempat bertanya, ketika mencari di Pinterest, ” Adakah tutorial detail dari suatu logo, sehingga saya bisa mengetahui prinsip-prinsip pembuatan logo dan teknik pembuatannya dengan Corel Draw atau Adobe Illustrator?”. Ternyata, ada. Saya kumpulkan ke dalam 1 Board bernama “Corel”, di dalamnya ada 500+ image tentang prinsip, detail teknis, dan bagaimana menduplikasi logo itu dengan aplikasi desain grafis. Ketika mengikuti workshop bisnis dan start-up, saya mencari skema, canvas, dan infografis terkait bisnis. Hasilnya, sangat memuaskan. Apapun hobi saya, yang berkaitan dengan visual, bisa saya dapatkan wawasan baru dari Pinterest.

Kamu bisa melihat daftar board dan koleksi saya di Pinterest.

Tentukan apa hobi kamu. Search. Buat Board. Save, save, dan save, sesuai Board kamu.
Pinterest tempat yang tepat untuk browsing kurasi content dan mencari inspirasi, dalam bentuk image dan video.

Tetap belajar. Kamu bisa belajar dari rumah dengan Pinterest. [dm]

Day Milovich

Webmaster, artworker, penulis, konsultan media, tinggal di Rembang dan Semarang.