in

Piala Presiden: Gilas PSS Sleman, PSIS Pastikan Juara Grup

Skor 5-2 memastikan langkah PSIS Semarang ke perempat final sebagai juara Grup A dengan torehan 10 poin.

Carlos Fortes mencetak dua gol saat PSIS Semarang mengalahkan PSS Sleman 5-2 di Stadion Manahan Solo, Jumat (24/6/2022). (foto: dokumentasi PSIS Semarang)

SOLO (jatengtoday.com) – PSIS Semarang mengunci posisi juara Grup A setelah pada pertandingan terakhir menang telak 5-2 atas PSS Sleman di Stadion Manahan Solo, Jumat (24/6/2022) malam. Jonathan Cantillana dan Carlos Fortes menjadi bintang kemenangan Mahesa Jenar dengan masing-masing mencetak dua.

PSIS Semarang yang sudah memastikan lolos ke babak perempat final tetap memainkan komposisi terbaik termasuk empat pemain asing.

Wawan Febrianto menebar ancaman saat pertandingan berumur lima menit. Pemain yang ditebus dari Borneo FC ini menusuk ke sisi kiri dan melepaskan tendangan dari sudut sempit yang memaksa kiper Jandia Eka Putra melakukan penyelamatan.

Hanya berselang semenit, PSIS akhirnya benar-benar menjebol gawang PSS Sleman. Umpan silang Wawan berhasil ditanduk Jonathan Cantillana dan membawa Mahesa Jenar memimpin 1-0.

PSS Sleman mencoba membalas di menit ke-11. Tendangan bebas yang dieksekusi Dave Mustaine masih bisa diantisipasi oleh kiper PSIS yang kali ini dipercayakan kepada Yofandani Pranata.

Wawan Febrianto kembali merepotkan pertahanan Super Elang Jawa di menit ke 22. Menerima umpan Fredyan Wahyu, Wawan mengirim bola ke pojok kanan tapi masih melebar.

Semenit kemudian, Wawan menebusnya dengan assist kepada Jonathan Cantillana untuk menaklukkan Jandia Eka Putra.

Jonathan Cantillana membuka pesta gol PSIS Semarang atas PSS Sleman. (foto: dokumentasi PSIS Semarang)

PSS Sleman sempat menipiskan kedudukan di menit ke-40. Riki Dwi Saputro lepas dari perangkap offside dan dengan mudah menceploskan bola ke gawang Yofandani.

Namun PSIS kembali menjauh melalui penalti Carlos Fortes di injury time babak pertama. Taisei Marukawa berhasil menusuk ke dalam area penalti setelah menerima umpan Delvin Rumbino yang memaksa Jandia melakukan pelanggaran.

Selepas jeda serangan PSIS belum mengendur. Menit 55 kombinasi Jonathan Cantillana dan Wawan Febrianto nyaris menambah keunggulan Mahesa Jenar. Kali ini sepakan Wawan mampu ditepis oleh Jandia.

Serbuan PSIS berlanjut melalui Fortes. Eks striker Arema FC melepaskan tendangan ke arah tiang dekat, namun bola hanya bergulir di depan garis gawang.

Fortes akhirnya bisa mencetak gol keduanya di menit ke-64. PSIS mendapat tendangan bebas yang dieksekusi Wawan Febrianto. Bola gagal ditangkap dengan sempurna oleh Jandia dan langsung disambar Carlos Fortes. PSIS Semarang unggul 4-1.

PSS belum menyerah dan sempat mengancam melalui sepakan Marckho Sandy di menit ke-65 namun masih tepat mengarah ke kiper.

Peluang terbaik dimiliki Komarodin di menit ke-70. Eks winger PSIS itu mendapat ruang tembak di depan kotak penalti. Namun eksekusinya masih menerpa tiang gawang.

Pemain pengganti Muhammad Rifki Suryawan sempat menghidupkan asa Super Elja lewat golnya di menit ke-88 meneruskan assist Ze Valente.

Tapi Hari Nur Yulianto memertegas kemenangan PSIS di menit ke-94 usai menanduk umpan Taisei Marukawa sekaligus menutup pesta gol Mahesa Jenar.

Skor 5-2 memastikan langkah PSIS Semarang ke perempat final sebagai juara Grup A dengan torehan 10 poin. Skuad racikan Sergio Alexandre sudah ditunggu Bhayangkara FC yang berstatus runner-up Grup C.

Sementara PSS Sleman yang mengemas empat poin masih harus memerebutkan satu tiket tersisa dari Grup A bersama Persita Tangerang (3 poin) serta Persis Solo dan Dewa United yang sama-sama mengoleksi dua poin.

Susunan Pemain

PSIS Semarang: Yofandani Pranata–Fredyan Wahyu Sugiantoro, Alie Sesay, Alfeandra Dewangga, Frendi Saputra; Delvin Rumbino, Guntur Triaji; Wawan Febrianto, Jonathan Cantillana, Taisei Marukawa; Carlos Fortes
PSS Sleman: Jandia Eka Putra–Derry Rachman, Dedy Gusmawan, Mario Maslac, Marckho Sandy; Dave Mustaine, Manda Cingi; Todd Rivaldo Ferre, Hambali Tholib, Irkham Mila; Riki Dwi Saputro
(*)

Tri Wuryono