in

Penguatan Literasi Keuangan, Dosen Manajemen FEB UNNES dorong Pengembangan Bisnis UMKM di Desa Branjang

SEMARANG (jatengtoday.com) – Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Semarang, melaksanakan program pengabdian masyarakat dengan tema “Penguatan Literasi Keuangan Guna Menunjang Pengembangan Bisnis UMKM” di Desa Branjang, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Program ini ditujukan untuk para pelaku usaha UMKM di desa tersebut. Dalam kegiatan ini, Dr. Margunani, sebagai pemateri utama, menekankan pentingnya literasi keuangan dalam menjalankan bisnis UMKM.

“Literasi keuangan merupakan komponen penting dalam melaksanakan bisnis UMKM. Literasi keuangan mencakup pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan yang membentuk sikap dan perilaku dalam membuat keputusan keuangan yang lebih berkualitas. Dengan literasi keuangan yang baik, pelaku UMKM dapat mengelola dan merencanakan keuangan bisnis mereka dengan lebih efektif untuk mencapai keberlanjutan,” ujar Dr. Margunani.

Ia juga menjelaskan bahwa pelaku UMKM dapat memetakan keuangan bisnisnya untuk mencapai keberlanjutan yang lebih baik.

Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam mengenai manajemen keuangan, termasuk pengelolaan arus kas, penyusunan anggaran, dan investasi.

Dengan pengetahuan ini, pelaku UMKM diharapkan dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dan strategis dalam mengembangkan bisnis mereka. Tim pengabdian yang dipimpin oleh Ida Maftuhah, dengan anggota Sri Wartini, Nurul Kamilia, dan Nadia Ingrida Kusumadewi, aktif memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para peserta. Mereka juga membantu dalam menyusun rencana keuangan yang praktis dan aplikatif untuk mendukung operasional bisnis sehari-hari.

Salah satu peserta, menyatakan, “Program ini sangat bermanfaat bagi kami. Dengan pemahaman literasi keuangan yang lebih baik, kami bisa mengelola keuangan usaha dengan lebih efektif dan terarah.”

Dengan adanya program pengabdian ini, diharapkan pelaku UMKM di Desa Branjang mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas usaha mereka, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa.

Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Semarang, melalui program ini menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan ekonomi masyarakat desa melalui pelatihan dan pemberdayaan yang berkelanjutan. (*)

Ajie MH.