in

Pemprov Siapkan Perumahan Khusus ASN di Bangetayu

SEMARANG (jatengtoday.com) – Pemprov Jateng jadi pilot project penyediaan rumah untuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Untuk tahap awal, akan dibangun 200 unit rumah di bilangan Bangetayu Semarang.

Kepala Seksi Perumahan Umum Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Jateng, Suprapta menjelaskan, penberian rumah layak ini untuk menunjang kinerja para Abdi Negara yaitu melayani masyarakat.

Terkait pembiayaan, ASN sudah memiliki Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Nantinya, ASN akan memanfaatkan tabungan tersebut, dan bisa tanpa uang muka.

“Selama ini, ASN itu setiap bulan gajinya dipotong untuk Tapera, nah nanti subsidinya dari situ, bagi ASN nanti pakai tabungan itu, bisa jadi tidak bayar, atau bisa untuk uang muka, jadi DP 0 persen,” terangnya, Sabtu (1/12/2018).

Ke depan, pihaknya akan mencari aset-aset milik pemprov yang bisa dikembangkan untuk perumahan khusus ASN. Ada kemungkinan, akan menggunakan aset milik Korpri Jawa Tengah yang berada di Pusat Kota Semarang.

“Korpri punya lahan di banget ayu, nanti bisa untuk 200 unit, akan dibangun secara bertahap tahun 2019 nanti, tipenya sama dengan rumah subsidi yaitu tipe 36,” bebernya.

Dijelaskan, penyediaan rumah ini hanya untuk ASN lingkungan Pemprov Jateng. “Kami akan jadi pilot project, kita sosialisasikan ke kabupaten kota, nanti untuk ASN pemrov dulu,” ujarnya. (ajie mh)

Editor: Ismu Puruhito