in

Pemancing Hilang Diterjang Banjir Bandang di Sungai Polaga Pemalang

Tim Basarnas saat melakukan penyisiran menggunakan perahu karet di Sungai Polaga Desa Pedagung Kabupaten Pemalang, Minggu (2/1/2022). (dokumentasi basarnas)

PEMALANG (jatengtoday.com) – Seorang pemancing, Cipto (36), warga Waringin RT 08/03 Desa Pedagung Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, dilaporkan hilang di Sungai Polaga Desa Pedagung Kabupaten Pemalang.

Diduga, Cipto hilang diterjang banjir bandang yang tiba-tiba datang di sungai tersebut. Hingga Minggu (2/1/2022) petang, tim SAR Gabungan belum menemukan korban.

“Kami masih melakukan pencarian bersama tim SAR Gabungan,” kata Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto.

Diceritakan, peristiwa yang menimpa korban tersebut bermula pada Sabtu (01/01/2022 ).  Kurang lebih pukul 11.00 WIB, Cipto menyambangi Sungai Polaga dengan tujuan untuk memancing ikan. “Saat itu kondisinya hujan gerimis,” katanya.

Berdasarkan keterangan saksi, lanjut Heru, banjir bandang terjadi kurang lebih pukul 16.00 WIB. Diduga, korban tidak menyadari ketika tiba-tiba banjir bandang datang.

“Menurut keterangan saksi menyebut, korban sempat memanjat pohon untuk menyelamatkan diri dari banjir bandang tersebut. Korban juga sempat berteriak meminta pertolongan. Ada warga yang melihat langsung berusaha menolong,” katanya.

Tiga saksi, yakni Agam (35 ), dan dua rekannya, Hermanto serta Sodikin, berinisiatif untuk memberikan pertolongan terhadap korban. Saksi berupaya memberikan ban dalam truk.

“Mungkin panik, korban nekat terjun ke sungai untuk menyeberang. Namun belum sampai ke tepian sungai, korban tidak kuat melawan derasnya arus banjir dan hanyut tenggelam,” terangnya.

Pihaknya telah menerjunkan tim SAR bersama petugas gabungan. Tim pencarian dibagi menjadi dua Search And Rescue Unit (SRU). “Tim SRU 1 melakukan penyisiran menggunakan perahu karet dari titik kejadian hingga Bendungan Sukowati. Jaraknya kurang lebih 15 kilometer. Sedangkan SRU 2 melakukan penyisiran darat,” terangnya.

Saat proses pencarian, Sungai Polaga memiliki kedalaman bervariasi dengan rata-rata kurang lebih 2 meter, lebar mencapai 20 meter. “Semoga tim SAR gabungan diberi kemudahan dalam pencarian dan korban cepat ditemukan” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.